Connect with us

Wisata

8 Destinasi Healing di Jabodetabek, Cocok Kunjungi Saat Weekend

Avatar

Diterbitkan

pada

destinasi healing di Jabodetabek

Telaga Biru Cisoka (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kata “healing atau self healing” belakangan sering digunakan muda-mudi sebagai istilah liburan guna melepas penat. Menjalani aktivitas harian terkadang melelahkan. Ketika memasuki akhir pekan, Anda bisa memanfaatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi healing di Jabodetabek sebagai pelipur lara.

Terkait “self healing”, menurut psikolog klinis Veronica Adesla mengutip Kompas, istilah tersebut bisa diartikan dengan tindakan atau upaya yang dilakukan oleh individu tersebut untuk menyembuhkan atau memulihkan dirinya sendiri.

Umumnya “healing” dilakukan dengan pergi keluar kota, seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bali, Lombok, hingga Raja Ampat. Tak perlu pergi jauh, bagi Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya, ada tempat untuk “healing” yang dekat dan terjangkau untuk disinggahi.

Dengan mengunjungi sejumlah destinasi healing di Jabodetabek, diharapkan bisa melepaskan rasa suntuk selama pandemi dan menjadi bahan bakar untuk semangat beraktivitas lagi.

Baca juga: Libur “Hari Kejepit”, Ini 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik

Berikut beberapa destinasi healing di Jabodetabek yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK)

destinasi healing di Jabodetabek

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (Foto: Istimewa)

Destinasi healing di Jabodetabek yang pertama yaitu Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK). Daerah PIK sekarang identik dengan tempat wisata kuliner. Jika “self healing” Anda berburu makanan, pergi kesini coba bisa dijadikan solusi.

Tapi bila ingin berada di wisata alam pesisir pantai, datanglah ke Hutan Mangrove PIK. Disini, Anda bisa hutan bakau yang rimbun dan sejuk. Selain berswafoto, pengunjung bisa menaiki perahu untuk menyusuri sungainya. Bahkan, di Hutan Mangrove PIK, Anda dapat belajar tentang cara menanam tanaman bakau.

2. Jakarta Aquarium

destinasi healing di Jabodetabek

Jakarta Aquarium (Foto: Istimewa)

Beberapa warga Ibukota kerap menghabiskan waktunya untuk “healing” di mall. Jika bosan berbelanja namun tetap ingin berada di dalam pusat perbelanjaan, kunjungi Jakarta Aquarium yang terletak di dalam Mall Neo Soho, Jakarta Barat.

Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor terbesar yang ada di Indonesia dan ada banyak jenis ikan yang bisa ditemukan di sini. Bahkan, ada penguin yang lucu-lucu di sini.

Jika membawa anak-anak ke destinasi healing di Jabodetabek ini, jangan lupa untuk bertemu dan bermain dengan ikan-ikan kecil di area Touch Pool. Tiket masuk untuk ke Jakarta Aquarium mulai dari 150 ribu rupiah.

3. Kepulauan Seribu

Berbicara tentang suasana pulau, Karimun Jawa memang sangat menakjubkan. Bila waktu terbatas, Anda bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu sebagai destinasi healing di Jabodetabek. Tak hanya satu, banyak pulau yang bisa Anda kunjungi di Kepulauan yang masih termasuk wilayah DKI Jakarta itu.

Terdapat beberapa cara untuk sampai kesana, bisa melalui pelabuhan Angke, Kali Adem, atau bisa juga dari Ancol. Dari banyaknya pulau memesona di Kepulauan Seribu, destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Pramuka. Anda dapat menikmati keindahan alam bahari bawah laut yang luar biasa dengan snorkeling.

Advertisement

4. Scientia Square Park

destinasi healing di Jabodetabek

Scientia Square Park

Scientia Square Park merupakan ruang terbuka hijau dibuat oleh pemerintah Kota Tangerang. Di taman ini Anda bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari memancing, panjat tebing, menunggang kuda, memberi makan binatang, hingga sekedar untuk bersantai dan menikmati pemandangan dapat dilakukan disini.

Karena hal tersebut, Scienta Square Park sering direkomendasikan untuk destinasi healing di Jabodetabek. Jika tertarik berkunjung, Scientia Square Park berada di di Jalan Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang. Tiket Masuknya untuk weekday sebesar Rp30.000, sedangkan weekend Rp50.000.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Menarik di Tangerang yang Wajib Banget Dikunjungi!

5. Telaga Biru Cisoka

destinasi healing di Jabodetabek

Telaga Biru Cisoka (Foto: Istimewa)

Masih di wiliayah Tangerang, destinasi healing di Jabodetabek yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi adalah Telaga Biru Cisoka. Tempat wisata di Tangerang ini merupakan telaga indah yang berwarna biru dengan dikelilingi rimbunnya pohon hijau.

Diketahui, danau ini dulunya bekas genangan penambangan pasir, bersamaan dengan area Tebing Koja. Tempat ini populer semenjak banyak orang yang mengunggah foto-foto panorama yang indah dan menakjubkan di media sosial. Daya tarik dari tempat ini sendiri adalah air berwarna biru yang bisa merefleksikan ketenangan.

6. Kebun Raya Bogor

destinasi healing di Jabodetabek

Kebun Raya Bogor (Foto: Istimewa)

Ingin menikmati udara segar dan hijau yang mudah diakses menggunakan kereta api (KRL)? Kebun Raya Bogor adalah pilihan yang tepat. Setelah membeli tiket masuk, Anda dapat mengunjungi taman-taman, pemakaman kuno Belanda, museum Zoologi, monumen Reinwardt, dan jembatan gantung.

Berkunjung, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan sesi foto Instagramable. Ketika memutuskan kesini, pengunjung dapat menyegarkan pikiran dari penatnya suasana ibu kota.

7. Curug Leuwi Hejo

destinasi healing di Jabodetabek

Curug Leuwi Hejo (Foto: Istimewa)

Selain Kebun Raya Bogor, destinasi healing di Jabodetabek lainnya adalah Curug Leuwi Hejo. Keindahan curug atau air terjun ini kerap disebut Green Canyon ala Bogor. Curug Leuwi Hejo menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi karena suasananya yang sejuk.

Adanya pegunungan batu di sekitarnya, membuat Curug Leuwi Hejo tampak megah. Curug Leuwi Hejo juga dikelilingi beberapa curug dengan keindahannya masing-masing, yaitu Curug Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, dan Curug Baliung.

8. Little Venice Kota Bunga

destinasi healing di Jabodetabek

Little Venice Kota Bunga (Foto: Istimewa)

Destinasi healing di Jabodetabek yang terakhir adalah Little Venice Kota Bunga. Tempat wisata di Puncak ini menawarkan sensasi seakan berada di Kota Venesia, Italia. Obyek wisata ini buka mulai pukul 09.00-16.30 WIB pada hari kerja dan pukul 08.00-18.00 WIB pada akhir pekan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, seperti menaiki gondola atau perahu kecil menyusuri kanal-kanal kecil, menaiki perahu bebek, hingga berswfoto instagramable di beberapa replika ikon bangunan dari beberapa negara.***

Advertisement

Baca juga: 6 Kuliner Malam di Bogor yang Enak, Nyaman, dan Terfavorit!

Lanjutkan Membaca