Connect with us

Lifestyle

7 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan Akibat Memegang Cabai

Avatar

Diterbitkan

pada

 

cara menghilangkan pedas di tangan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika memasak, Anda kerap menggunakan cabai sebagai salah satu bahan masakan. Tak jarang kegiatan mengupas atau memotong cabai sering menyebabkan tangan terasa pedas atau panas. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai dengan benar.

Sensasi pedas setelah memegang cabai disebabkan oleh kandungan capsaicin. Kandungan tersebut menciptkan panas dan menimbulkan kemerahan dan tangan berkeringat. Capsaicin juga bertanggung jawab atas timbulnya rasa panas pada setelah memotong cabai.

Banyak orang menganggap cara menghilangkan pedas di tangan cukup mencuci tangan saja. Padahal, mencuci tangan saja tidaklah cukup. Agar efektif, Anda bisa menggunakan bantuan bahan alami sebagai cara menghilangkan pedas di tangan setelah mengupas cabai.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan Menggunakan Bahan Alami

Berikut beberapa cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Sabun cuci piring

Cara menghilangkan pedas di tangan yang pertama yaitu mencuci tangan dengan sabun cuci piring. Sabun ini dapat menghilangkan minyak pada senyawa capsaicin tersebut. Mengoleskan tangan dengan sabun cuci piring dianggap dapat mengatasi sensasi pedas di tangan.

Capsaicin yang berbasis minyak dapat diatasi dengan sabun cuci piring karena sabun ini memang dirancang untuk menghilangkan lemak dan minyak. Bahkan, cara ini dianggap ampuh guna menghilangkan rasa pedas di tangan setelah meracik sambal.

2. Minyak sayur

Minyak sayur atau minyak goreng dipercaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan rasa pedas di tangan. Senyawa capsaicin yang mengandung minyak mudah larut dalam minyak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencelupkan pada minyak bersih.

Lalu, basuh tangan dengan kapas tersebut secara merata. Selain itu, Anda juga bisa merendam kulit pada baskom berisi minyak untuk menghilangkan sensasi pedas di tangan.

3. Madu

Cara menghilangkan pedas di tangan berikutnya yaitu menggunakan madu. Bahan alami ini diketahui menyimpan kandungan antioksdian. Selain menenangkan kulit yang bermasalah, madu juga dapat mengurangi peradangan akibat iritasi setelah memagang cabai.

Advertisement

Anda bisa langsung mengoleskan sedikit madu pada tangan yang terasa pedas. Atau juga bisa menggunakan bantuan kapas dengan mencelupkannya pada madu, lalu terapkan secara perlahan pada tangan.

4. Kompres es batu

Selain madu, cara menghilangkan pedas di tangan juga dapat dilakukan dengan es batu. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan rasa pedas di tangan. Anda bisa mencoba menghilangkannya dengan mengompres dingin dengan es batu.

Baca juga: 7 Cara Menghilang Lem Korea atau Super Glue di Tangan

Untuk mengaplikasikannya, bungkus beberapa es batu dengan waslap atau plastik. Kemudian, tempelkan di tangan selama 15 menit. Es batu diyakini dapat menghilangkan sensasi pedas di tangan meskipun hanya sementara.

5. Soda kue

Baking soda yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kue ternyata dapat diguankan untuk membasmi rasa pedas di tangan setelah meracik cabai. Cara menghilangkan pedas di tangan dengan soda kue tidaklah sulit, cukup campurkan soda kue dengan air dan aduk hingga menyerupai pasta.

Selanjutnya, oleskan pada area tangan yang terasa pedas. Diamkan beberapa saat hingga kering, lalu bilas dengan air mengalir.

Advertisement

6. Susu

Salah sata cara menghilangkan pedas di tangan ternyata juga bisa dengan susu. Susu dikenal dapat menetralisir pedas, baik di mulut maupun di tangan. Anda bisa menggunakan susu dingin atau yoghurt untuk hasil yang maksimal.

Caranya, rendamlah tangan ke dalam susu selama 3-5 menit. Pijat tangan secara perlahan agar rasa pedas bisa teratasi. Rendaman susu tidak akan menyebabkan kerusakan pada kulit.

7. Gel lidah buaya

Cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai lainnya yakni dengan gel lidah buaya. Bahan ini diyakini efektif untuk meredakan rasa panas dan sensasi terbakar di kulit karena memiliki efek pendinginan.

Senyawa karbodihrat yang ada pada lidah buaya dapat memaksimalkannya untuk meredakan nyeri. Cara penggunaannya, oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terasa pedas. Biarkan beberapa menit sampai gel meresap. Ulangi sebanyak 2-3 kali hingga sensasi pedas benar-benar hilang.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami di Tangan dan Kaki

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement