Connect with us

Kesehatan

6 Tanda Pria Mandul, Yuk Ketahui Sebelum Terlambat!

Avatar

Diterbitkan

pada

tanda pria mandul

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Memiliki bayi umumnya pengalaman yang sederhana dan alami bagi mereka yang sudah menikah. Namun, bagi beberapa pasangan mungkin akan sulit untuk hamil atau memiliki anak. Lantas, apa saja tanda pria mandul?

Berdasarkan jurnal Lifestyle Causes of Male Infertility, faktor lingkungan, pekerjaan, dan gaya hidup yang dapat dimodifikasi dapat berkontribusi terhadap penurunan kualitas sperma.

Menurut dr. Shanty Olivia Jasirwan seorang Dokter Spesialis kebidanan dan kandungan, ada beberapa kondisi yang dapat menjadi pertanda bahwa adanya gangguan kesuburan pada pria.

Baca juga: 7 Penyebab Sperma Encer yang Harus Anda Ketahui Mulai Sekarang

Berikut beberapa tanda pria mandul yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Masalah Disfungsi Ereksi

Tanda pria mandul yang pertama adalah masalah disfungsi ereksi. Jika anda sering mengalami kesulitan mempertahankan ereksi untuk melakukan hubungan seks, ini bisa menunjukkan masalah kesehatan.

Advertisement

Meskipun ada banyak penyebab yang berbeda, disfungsi ereksi mungkin merupakan konsekuensi dari penurunan kadar hormon seperti testosteron yang dapat mengindikasikan ketidaksuburan.

2. Indera Penciuman Bermasalah

Tanda pria mandul yang kedua adalah indera penciuman bermasalah. Ketidakmampuan untuk mencium bisa menjadi tanda kelainan genetik yang disebut dengan sindrom kallman. Kelainan yang sangat langka ini mencegah pria atau wanita untuk mulai sepenuhnya menuntaskan pubertas.

Dengan kondisi ini, tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut dengan hormon pelepas gonadotropin (GnRH), yang biasanya dibuat di hipotalamis (bagian otak).

Karena kekurangan hormon ini, pria dapat mengalami disfungsi ereksi, gairah seks yang rendah, dan ketidakmampuan untuk hamil menjadi tanda pria mandul.

3. Testis Kecil

Tanda pria mandul yang ketiga adalah testis kecil. Peran testis adalah menghasilkan sel sperma dan testosteron. Jadi, jika anda memiliki testis kecil, ini bisa menjadi tanda bahwa hamil akan sulit. Panjang rata-rata testis adalah 4,5 cm hingga 5,1 cm. Testis yang panjangnya kurang dari 3,5 cm dianggap kecil.

Advertisement

Baca juga: 7 Tanda atau Ciri-Ciri Pria Tidak Perjaka, Fakta atau Opini?

Mereka yang mengalami kelainan ini dilahirkan dengan salinan kromosom X ekstra. Salah satu cirinya adalah testis kecil yang diakibatkan tidak dapat menghasilkan testosteron sebanyak normal.

4. Dorongan Seks Rendah

Tanda pria mandul yang keempat adalah dorongan seks rendah. Jika anda mengalami penurunan libido, ini mungkin karena ketidakseimbangan hormon. Dorongan seks yang rendah, yang terkait dengan hormon bisa menjadi tanda pria mandul.

5. Pertumbuhan Payudara Tidak Normal

Tanda pria mandul yang kelima adalah pertumbuhan payudara yang tidak normal. Gynecomastia, yaitu pertumbuhan pembengkakkan jaringan payudara pada pria adalah gangguan sistem endorkin.

Pertumbuhan di sekitar area payudara dipicu oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Selain itu, ini juga bisa menjadi tanda sindrom klinefelter, seperti hal nya memiliki testis kecil.

6. Jumlah Spermah Rendah

Tanda pria mandul yang terakhir adalah jumlah sperma rendah. Meskipun masih mungkin untuk hamil, ketika anda memiliki kondisi oligozoospermia, memiliki lebih sedikit sperma untuk menunjukkan lebih sedikit peluang untuk membuahi sel telur.

Advertisement

Jumlah sperma yang rendah berarti bahwa jumlah sperma dalam air mani pria dianggap di bawah normal, yang didefinisikan sebagai kurang dari 15 juta sperma per mililiter semen. Di sisi lain, apa yang dianggap standar adalah jumlah sperma antara 20-150 juta sperma per mililiter.*** (Hana Chaniago)

Baca juga: 7 Fakta Mengenai Sperma, Pria Wajib Tahu!

Lanjutkan Membaca
Advertisement