Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang Perlu Diketahui

7 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang Perlu Diketahui

oleh Farhan Zuhdi
manfaat aplikasi pedulilindungi

Inilah beragam manfaat aplikasi PeduliLindungi, bukan hanya sekedar mengunduh sertifikat vaksin secara digital (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Hingga saat ini, masyarakat masih terus berjuang dan hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Hal itu membuat pemerintah mengimbau masyarakat menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Sebagian orang mengetahui aplikasi tersebut hanya untuk mengunduh sertifikat vaksin secara digital. Padahal, terdapat manfaat aplikasi PeduliLindungi yang jarang diketahui orang.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Belakang ini, aplikasi PeduliLindungi semakin digencarkan pemerintah. Sistem kerjanya yakni dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19.

Dengan adanya aplikasi tersebut, dapat membantu pemerintah dalam melakukan pelacakam aktivitas masyarakat agar penelusuran lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Ada Saja Pelanggaran Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Berikut beberapa manfaat aplikasi PeduliLindungi yang telah faktualid.com rangkum dari covid19.go.id dan sumber lainnya.

1. Mengunduh sertifikat vaksin

Manfaat aplikasi PeduliLindungi yang pertama yaitu bisa mengundung sertifikat vaksin di smartphone. Bagi masyarakat yang sudah melakukan suntik vaksin, entah pertama atau kedua, aplikasi ini berguna untuk mengunduh sertifikat vaksin tanpa perlu repot-repot mencetaknya.

2. Informasi terkait hasil tes Covid-19

Didalam aplikasi PeduliLindungi memiliki banyak fitur, salah satu fiturnya bisa menunjukkan hasil tes PCR atau SWAB antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah. Dengan penerapan penggunaan aplikasi ini, masyarakat yang mendapatkan hasil positif tidak dapat bepergian karena orang tersebut akan dideteksi oleh aplikasi PenduliLindungi.

3. Pengawasan (surveillance)

Manfaat aplikasi PeduliLindungi berikutanya yaitu berfungsi sebagai pengawasan. Seseorang yang menggunakannya bisa membagikan informasi lokasinya saat bepergian untuk memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang.

Dengan begitu, pemerintah menjadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

4. Bukti untuk mengakses layanan publik

Selain pengawasan, manfaat aplikasi PeduliLindungi lainnya adalah sebagai bukti untuk mengakses layanan publik. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi beberapa tempat yang umum yang menopang aktivitas masyarkat, seperti pusat perbelanjaan, petugas bandara, dan lainnya.

Baca juga: Lapsus: Sudah Vaksin, Jangan Lupa PeduliLindungi dan Tetap Disiplin 5 M

Hadirnya aplikasi ini bisa mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum. Hanya dengan memanfaatkan fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi orang tersebut.

5. Memberikan Peringatan pada Pengguna

Berkembangnya teknologi bisa sangat membantu kehidupan manusia, salah satunya dengan hadirnya aplikasi PeduliLindungi. Jika kamu sudah mendaftar, pengguna akan akan mendapatkan notifikasi saat berada di keramaian atau di kawasan zona merah.

Untuk bisa mengakses fitur itu, kamu perlu mengaktifkan GPS yang ada pada smartphone kamu. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka terdapat orang yang terinfeksi COVID-19 atau pasien yang masih dalam pengawasan.

6. Pendaftaran vaksin

Manfaat aplikasi PeduliLindungi bukan hanya bisa digunakan bagi masyarakat yang sudah divaksin, tapi juga bisa untuk orang yang hendak melakukan vaksin. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur yang memudahkan masyarakat yang belum melakukan vaksinasi Covid-19.

Aplikasi ini berfungsi untuk pendaftaran vaksin secara online dan memberikan informasi didaerah sekitaran rumah kamu yang sedang mengadakan program vaksinasi.

7. Memberi Informasi terkait Zonasi

Manfaat aplikasi PeduliLindungi ternyata dapat memberikan notifikasi apabila pengguna masuk ke suatu zona tertentu yang kategorinya telah ditentukan pemerintah. Zona tersebut bisa berupa zona merah, oranye, kuning, atau hijau, bergantung lokasi yang dikunjungi oleh pengguna.***

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Kini Menjadi Seksi

You may also like

Tinggalkan Komentar