Home LifestyleKesehatan Eksfoliasi Wajah Sebaiknya Rutin agar Selalu Kinclong

Eksfoliasi Wajah Sebaiknya Rutin agar Selalu Kinclong

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Satu jerawat di wajah, khususnya bagi wanita akan sangat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasinya, disarankan agar eksfoliasi wajah secara rutin perlu. Tujuannya agar wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya halus di wajah.

Cara melakukan eksfoliasi wajah di rumah juga tidak sulit, karena selain memanfaatkan produk kecantikan yang bisa mengelupas kulit mati, juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.

Namun, harus diperhatikan beberapa hal agar terhindar dari iritasi kulit. Ingin tahu apa saja hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan eksfoliasi wajah? Berikut di antaranya seperti dikutip dari alodokter.com.

Menggunakan alat dan bahan eksfoliasi yang sesuai jenis kulit

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui metode eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit. Dapat dilakukan eksfoliasi wajah secara manual atau memanfaatkan bahan kimia.

Eksfoliasi wajah secara manual bisa dilakukan dengan menggunakan waslap atau kain bersih yang lembut. Biasanya ekfoliasi wajah dengan cara ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit kering, sensitif, atau mudah berjerawat.

Sementara bila memiliki kulit berminyak, bisa dilakukan eksfoliasi menggunakan sikat khusus wajah yang lembut. Selain itu, juga bisa dilakukan eskfoliasi dengan memanfaatkan scrub wajah. Namun, lakukan secara hati-hati terutama jika memiliki kulit sensitif.

Untuk eksfoliasi wajah dengan bahan kimia, orang yang memiliki kulit kering dan kombinasi bisa memanfaatkan produk kecantikan yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Bagi orang yang kulit wajahnya sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung beta hydroxy acids (BHA).

Sementara bagi orang yang kulitnya berminyak dan rentan berjerawat, gunakanlah produk yang mengandung retinoid, asam salisilat, atau asam glikolat. Namun, ingat, retinoid  tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil.

Melakukan eksfoliasi dengan lembut

Jika eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau bahan kimia, oleskan ke wajah secukupnya. Kemudian, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar secara perlahan dan lembut.

Bila menggunakan sikat atau waslap, usapkan secara lembut dan membentuk garis-garis pendek secara merata. Lakukan scrubbing sekitar 30 detik, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih.

Melakukan eksfoliasi wajah secara berkala

Bagi yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi wajah bisa dilakukan lebih sering atau sekitar 3–5 kali seminggu. Bila tipe kulit adalah kombinasi dan sensitif atau kering, sebaiknya batasi tindak eksfoliasi wajah, yaitu tidak lebih dari 1–2 kali seminggu.

Kamu perlu untuk menunda melakukan eksfoliasi wajah harus ditunda jika terdapat luka terbuka atau luka bakar pada kulit wajah. Hindari pula menggunakan produk eksfoliasi untuk anggota tubuh lain ke wajah, karena formulasinya dirancang berbeda dan dapat memicu iritasi kulit.***

Tinggalkan Komentar