Connect with us

Gadget

Seri iPhone 14 Bakal Dirilis September Ini, Cek Dulu Keunggulannya!

Avatar

Diterbitkan

pada

iPhone 14 bakal tampil dalam empat warna keren. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Seri iPhone 14 dikabarkan siap meluncur pada 14 September 2022. Namun seri iPhone 14 hanya tersedia dalam model standar, Max, Pro, dan Pro Max.

Hal ini dikarenakan penjualan versi mini, iPhone 13 kabarnya tidak menggembirakan. Model ini secara permanen, dan fokus ke desain besar. Jadi, Apple mengembalikan model Max ke lini iPhone.

Meski demikian, ada rumor yang mengatakan tanggal peluncuran ini mungkin ditunda, atau tidak mengikuti timeline sebelum-sebelumnya karena Apple mengalami kesulitan suplai akibat stop produksi akibat lockdown China Maret lalu.

Dari beberapa bocoran spesifikasi, yang paling menarik adalah iPhone mulai mengadopsi punch hole untuk kamera depannya pada beberapa model. Ada juga peningkatkan resolusi kamera belakang dari 12 ke 48MP untuk Pro dan Pro Max.

Secara general, spesifikasi iPhone 14 tidak ada upgrade signifikan dari model standar. Kamera depan masih menggunakan notch, chipset masih A15 Bionic, dan refresh rate layar masih 60Hz.

Advertisement

Dari segi layar masih sama dengan generasi sebelumnya, layar 6,1 inci dengan resolusi 1170 x 2532 dan OLED. Peningkatan ada di kapasitas RAM dari 4 GB menjadi 6 GB.

Baterai juga mengalami peningkatan sedikit, naik dari 3.240 mAh menjadi 3.279 mAh. Sementara itu kapasitas kamera, konfigurasi masih sama. Ukurannya tidak berbeda dari iPhone 13.

iPhone 14 Max

Model ini bisa dibilang model standar dengan ukuran yang besar. Sama dengan iPhone 14 standar, kamera depan menggunakan konfigurasi notch.

Dari segi ukuran, Max akan mengikuti Pro Max (6,7 inci). RAM sama dengan model standar. Kamera belakang juga cuma 2, sama dengan model standar. Chipset pun juga diyakini akan menggunakan masih A15 Bionic. Refresh rate layar pun juga berada di 60 Hz.

Advertisement

Model Max diyakini akan menggunakan baterai 4,325 mAh.

Ada rumor yang mengatakan Apple tidak menggunakan label ‘Max’ melainkan ‘Plus’. Akan tetapi Pro Max tetap menggunaka ‘Pro Max’.

Model Max dan Pro Max akan mendapatkan kamera punch hole-pill. Bukan satu bulatan layaknya kamera Android, tapi ada dua dengan tambahan kamera berbentuk kapsul sebagai scan FaceID.

Varian warna iPhone 14 Pro dan Pro Max: graphite, gold, silver, and purple.

Baterai iPhone Pro meningkat dari 3.095 mAh menjadi 3.200 mAh. Sementara Pro Max punya kapasitas 4.323 mAh.

Advertisement

Pro punya layar 6,1 inci dan Pro Max punya 6,7 inci. Perbedaannya, Pro dan Pro Max mungkin akan mendukung refresh rate 120Hz yng adaptif, serta Always-on Display dengan dukungan layar LPTO.

Baik Pro dan Pro Max punya upgrade kamera belakang signifikan, dari 12MP menjadi menjadi 48MP. Sementara itu konfigurasinya masih sama, wide, ultrawide, dan telephoto.

Pro dan Pro Max akan menggunakan chipset mobile terbaru Apple, A16 Bionic. RAM naik menjadi 8GB, dan kapasitas memori internal maksimal menjadi 2TB. Gimana, siap mengganti iPhone dengan model tersebut?***

Advertisement
Lanjutkan Membaca