Connect with us

Lifestyle

Kolaborasi Pertamina NRE – Bike to Work Kampanyekan Green Mobility untuk Generasi Muda

Avatar

Diterbitkan

pada

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), subholding Pertamina yang mengelola lini bisnis energi baru terbarukan, berkolaborasi dengan komunitas Bike to Work (B2W) untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat luas, terutama generasi muda, terhadap gaya hidup hijau.

Dalam acara “gowes bareng” di Minggu (29/1/2022) yang mengangkat tema “Let’s Energize Your Green Living”, Pertamina NRE juga memberikan kontribusi untuk mengembangkan infrastruktur ramah pesepeda melalui pemasangan 6 unit parkir sepeda di ruang publik IRTI Monas.

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

“Pertamina NRE mendukung pencapaian net-zero emission 2060 sekaligus menjaga semangat transisi energi yang diangkat pada G20, sebuah perhelatan penting yang sudah kita lewati bersama dan kini saatnya kita wujudkan ke dalam aksi nyata,”kata Dicky Septriadi.

Menurut Dicky, langkah sekecil apapun jika dilakukan secara konsisten akan membawa perubahan. Pertamina NRE senantiasa mengampanyekan gaya hidup hijau yang salah satunya diimplementasikan melalui adopsi green mobility. Dukungan nyata Pertamina NRE salah satunya diwujudkan dengan kontribusi unit-unit parkir sepeda yang harapannya dapat membuat masyarakat semakin terpacu menggunakan moda transportasi ramah lingkungan.

Advertisement

Apresiasi Pertamina NRE

Wakadishub DKI Jakarta Chaidir mengapresiasi upaya Pertamina NRE dan B2W untuk mewujudkan green mobility, khususnya di Jakarta.

“Pemerintah Provinsi telah menyiapkan jalur sepeda yang harapannya dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh masyarakat. Dan semoga infrastuktur penunjang seperti parkir sepeda dapat berguna bagi masyarakat Jakarta, dapat menginspirasi, dan semakin meyakinkan masyarakat untuk menggunakan transportasi yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga menyehatkan. Serta membantu mengurangi emisi karbon,” kata Chaidir

Penentuan lokasi parkir sepeda di Kawasan IRTI Monas merupakan hasil koordinasi antara Pertamina NRE, B2W, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dengan mempertimbangkan permintaan dari masyarakat.

Kolaborasi dengan komunitas yang memiliki nilai-nilai selaras dengan Pertamina NRE, seperti B2W, adalah salah satu cara untuk merangkul publik yang lebih luas demi bergerak serempak menuju masa depan berkelanjutan. “Gaya hidup hijau kini semakin diminati masyarakat, terutama generasi muda, yang semakin peduli dengan pentingnya merawat keberlanjutan lingkungan. Karena itu, komunitas muda merupakan salah satu mitra strategis kami untuk mewujudkan visi Pertamina NRE yaitu Energizing People & Planet with Green Energy,” ujar Dicky.

Advertisement

B2W adalah sebuah gerakan yang konsisten mengampanyekan kegiatan bersepeda sejak 2005. Fahmi Saimima berharap B2W dapat menjadi mitra PNRE dalam mengedepankan edukasi gaya hidup berkelanjutan, terutama dari sisi mobilitas. “Semoga ke depan, lebih banyak lagi komunitas muda yang bisa dirangkul dan Pertamina NRE bisa menjadi motor penggerak transisi energi.”

“Gowes bareng” Pertamina NRE dan B2W dimulai dari Gedung Pertamina dan berakhir di LRT MT Haryono yang didesain sebagai kawasan ramah pesepeda. Acara ditutup dengan bincang santai antara Manajemen dan Perwira Pertamina NRE yang tergabung dalam komunitas pesepeda Powerbike bersama perempuan pegiat bersepeda Narita Diyan dan pemengaruh yang dikenal dengan kampanye tagar #DisabilitasBersepeda Ahmad Budi Santoso.

Narita Diyan yang sehari-hari bersepeda ke kantor sejauh 18 km dan Ahmad Budi yang memadukan bersepeda dan transportasi publik lainnya seperti KRL menyerukan pengurangan jejak karbon yang dimulai dari diri sendiri salah satunya dengan bersepeda, serta mendorong pengembangan infrastruktur ramah pesepeda yang inklusif.

Aksi nyata Pertamina NRE dalam mendukung green mobility juga ditunjukkan melalui partisipasinya dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. PT Industri Baterai Indonesia yang merupakan konsorsium antara Pertamina NRE dengan empat BUMN lainnya menargetkan produksi baterai serta bersama Wika Industri & Konstruksi mengembangkan motor listrik karya anak bangsa, Gesits. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement