Connect with us

Internasional

Kompleks Kuil di India Ambruk, 35 Tewas dan Melukai Puluhan Orang

Avatar

Diterbitkan

pada

Lantai kuil di Indore India amblas dan banyak yang tewas karena tercebur sumur di bawah undakan air tersebut. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Atap undakan tempat penampungan air di kompleks kuil di Kota Indore, India ambruk pada Kamis (30/3/2023). Akibatnya 35 orang tewas dan 16 orang lainnya terluka.

Peristiwa itu terjadi saat puluhan orang yang sedang merayakan festival Hindu Ram Navamipada pada Kamis (30/3/2023).

Lempengan beton yang melapisi atap undakan di kompleks kuil ambruk sehingga menimpa puluhan orang.

Undakan ke tempat penampungan air banyak dijumpai di seluruh India dan berusia ratusan tahun. Banyak di antaranya yang dihiasi dengan indah, serta terdapat akses ke sumbar air melalui tangga dan relung.

“Undakan itu dilapisi, tetapi lempengan yang melapisinya ambruk lantaran tidak mampu menahan beban berlebihan di atasnya,” kata Kepala Menteri Madhya Pradesh, Shivraj Singh Chouhan, kepada awak media, Kamis (30/3/2023) dikutip Antara.

Advertisement

Sedikitnya 75 anggota militer dan tim penyelamat berupaya mengangkat puing-puing. Mereka menggunakan tali dan tangga untuk mengevakuasi korban yang jatuh ke dalam penampungan air, lapor media setempat.

“Kami berhasil menyelamatkan 18 orang, 35 orang ditemukan tewas dan 16 lainnya terluka,” kata pejabat pemerintah setempat Ilayaraja T.

Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan bela sungkawa dan mengumumkan kompensasi bagi para korban dalam insiden tersebut.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement