Connect with us

Internasional

Erdogan Menangkan Pilpres, Kembali Jadi Presiden Turki Hingga 2028

Avatar

Diterbitkan

pada

Erdogan kembali memimpin Turki hingga 2028. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pemilihan presiden (pilpres) Turki baru saja usai. Hasil penghitungan sementara Recep Tayyip Erdogan telah resmi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Turki putaran kedua.

Putaran pertama pada 14 Mei gagal karena tidak ada calon presiden yang berhasil meraih suara di atas 50 persen. Kinindi putaran kedua, Erdogen berhasil meraih angka itu.

Erdogan akan kembali menjadi Presiden Turki hingga tahun 2028.

“Berdasarkan hasil sementara, telah ditentukan bahwa Recep Tayyip Erdogan terpilih sebagai presiden,” kata Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener seperti dikutip AFP dari kantor berita negara Anadolu, Senin (29/5/2023).

Erdogan unggul tipis dengan selisih lima poin atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pertarungan pilpres yang ketat dua pekan lalu. Hasil pilpres putaran utama menunjukkan 49,5 persen suara diraup Erdogan dan 44,9 persen suara diraup Kilicdaroglu.

Advertisement

Capres nasionalis Sinan Ogan berada di urutan ketiga dengan 5,2 persen suara dukungan dan tereliminasi untuk mengikuti putaran kedua. Hasil pilpres putaran pertama itu mengacaukan harapan para lembaga survei yang menempatkan Kilicdaroglu di posisi teratas.

Dalam putaran kedua ini, para pemilih sah akan menentukan apakah Erdogan atau Kilicdaroglu yang akan memimpin Turki untuk lima tahun ke depan.

Tak hanya itu, pilpres ini juga akan menentukan bagaimana negara itu dikelola, ke mana arah ekonominya di tengah krisis biaya hidup yang parah, dan bagaimana bentuk kebijakan luar negerinya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca