Home Internasional Mundurnya Pendiri TikTok Dibayang-bayangi Nasib Jack Ma

Mundurnya Pendiri TikTok Dibayang-bayangi Nasib Jack Ma

oleh Gungdewan
Pendiri TikTok Zhang Yiming mengundurkan diri ingin bengong

Pendiri TikTok Zhang Yiming mengundurkan diri ingin bengong

FAKTUALid – Pendiri TikTok Zhang Yiming mengundurkan diri dengan alasan ingin menikamati hidup dan ingin bisa bengong. Banyak yang meragukan alasan pria berusia 38 tahun itu. Bayang-bayang nasib pengusaha top Jack Ma yang menghilang setelah mengeritik penguasa China makin membuat alasan Zhang Yiming itu masih misterius.

Apalagi sebagai Pendiri ByteDance sekaligus pemilik TikTok, Zhang beberapa kali sempat membuat tidak nyaman pemegang otoritas China.

Pada musim semi 2018, Bytedance diperintahkan untuk menangguhkan Today’s Headlines, salah satu produk terpopulernya.  ByteDance sendiri termasuk salah satu perusahaan yang diperingatkan China soal masalah privasi para pengguna dan dominasinya.

Zhang membuat permintaan maaf resmi, mengakui perusahaannya telah mengambil “jalan yang salah”.

Persenggolan dengan penguasa di China membuat lengsernya Zhang dikaitkan dengan Jack Ma. Dia ditengarai takut mengalami nasib seperti pemilik Alibaba dan Ant Financial itu.

Seperti diketahui Jack Ma langsung hilang seperti tenggelam ditelan bumi setelah mengeritik sistem keuangan pemerintah China. Perusahaannya pun ikut diawasi dengan ketat oleh pemerintah.

“Ini karena Partai Komunis takut kehilangan kendali pada para raksasa teknologi yang kaya data dan telah tumbuh menjadi berkuasa tidak hanya di ekonomi tapi juga berpotensi di politik,” cetus Dr Xin Sun dari King’s College London yang dilansir detikINET mengutip Strait Times.

Setelah mundur maka posisi Zhang  sebagai orang nomor satu di perusahaan rencananya akan digantikan oleh Liang Rubo.

Seperti dilansir dari The Verge, Rabu (2/6/2021), Zhang mundur karena lebih suka bekerja sendirian dan ingin menghabiskan bnayak waktu untuk melamun.

“Saya sebenarnya kurang memiliki skill sebagai manajer yang ideal. Saya lebih suka menghabiskan waktu sendirian sambil online, baca buku, dan melamunkan hal yang bisa aku wujudkan,” katanya.

Untuk diketahui, Yiming sebenarnya tidak benar-benar meninggalkan ByteDance. Ia akan menempati posisi berbeda yang lebih fokus kepada strategi jangka panjang perusahaan.

Yiming yakin posisi lamanya sebagai CEO dapat dijalankan oleh orang lain. Tepatnya oleh orang yang bisa melakukan manajemen lebih baik dibanding dengan dirinya.

Yiming sendiri melepas jabatannya dengan membawa harta kekayaan sekitar Rp 629 triliun. Ia mundur setelah berhasil masuk ke daftar 30 orang terkaya di dunia. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar