Connect with us

Hukum

Pengganti Firli Bahuri Diserahkan kepada Jokowi dan DPR

Avatar

Diterbitkan

pada

Nawawi Pamolango, pengganti Firli Bahuri sementara. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Hingga kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum menentukan pengganti Ketua KPK Firli Bahuri pasca Firli tersangkut kasus dugaan pemerasan dengan mantan Menteri Pertanian SYL.

Pucuk pimpinan KPK saat ini sementara masih dipegang oleh Nawawi Pomolango. Dia mengatakan, hanya menunggu keputusan dari Presiden Jokowi soal pengganti Firli.

“Untuk kekosongan (pimpinan KPK) kita di sini, serahkan sepenuhnya ke Presiden dan DPR untuk menyikapinya,” kata Nawawi dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Nawawi mengatakan KPK sifatnya menunggu soal penggantian Firli di KPK. Nawawi lalu berseloroh kursi pimpinan KPK akan menjadi agak sesak jika bertambah satu lagi.

“Kita sifatnya nunggu. Cuman kalau lihat-lihat posisi ini kayaknya kalau nambah satu lagi agak sesak, biasanya kalau agak sesak itu tidak terlalu mendesak,” kata Nawawi.

Advertisement

Firli Bahuri telah diberhentikan sebagai Ketua KPK sejak 28 Desember 2023. Firli dicopot usai ditetapkan tersangka kasus pemerasan kepada Syahrul Yasin Limpo serta mendapatkan sanksi etik berat dari Dewas KPK.

Pimpinan KPK saat ini diisi oleh empat orang. Sesuai aturan pimpinan KPK harus diisi oleh lima orang. Untuk sementara, jabatan Ketua KPK saat ini diisi oleh Nawawi Pomolango.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement