Connect with us

Hukum

Begini Cara Siti Aisyah Menipu Mahasiswa IPB Hingga Terlibat Pinjol

Avatar

Diterbitkan

pada

Siti Aisyah Nasution, pelaku penipuan terhadap mahasiswa IPB. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pelaku penipuan mahasiswa IPB sudah ditangkap dan ternyata pelakunya adalah seorang perempuan bernama Siti Aisyah Nasution. Perempuan ini menipu ratusan pmahasiswa IPB terkait pinjaman online (pinjol).

Bagaimana caranya Siti Aisyah menipu para mahasiswa IPB tersebut?

Awalnya Aisyah menawarkan kerja sama investasi online kepada korban dengan iming-iming keuntungan 10 persen.

Pelaku mengharuskan para korban meminjam uang lewat pinjol agar keuntungan bisa dicairkan. Namun ratusan mahasiswa tersebut bukannya dapat keuntungan, tapi malah dikejar-kejar pembayaran pinjol.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohanes Redhoi Sigiro mengungkapkan ada tiga modus yang dilakukan Siti Aisyah Nasution untuk menipu para korban. Berikut rinciannya :

Advertisement

● Pertama, pelaku meminta korban melakukan pinjaman online. Setelah cair, pinjol yang bisa dicairkan langsung ditransfer ke pelaku. Keuntungan bagi hasil 10-15 persen.

● Kedua, pelaku menggunakan marketplace yang diakui miliknya. Sistemnya adalah gesek tunai.

● Ketiga, pelaku membuat akun dompet online. Para korban diminta untuk mengirim uang dari rekening aplikasi belanja online ke nomor khusus dompet online milik pelaku.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan bahwa pelaku penipuan itu mengenal ratusan mahasiswa di Bogor karena  pernah menyelenggarakan seminar dan mengumpulkan para mahasiswa tersebut.

“Pelaku pernah menyelenggarakan satu kegiatan semacam seminar, yang itu mengumpulkan para mahasiswa. Dimana di antara penggeraknya itu senior-senior dari mahasiswa tersebut,” kata Iman, seperti dikutip detikcom, Sabtu (19/11/2022).

Advertisement

Kemudian, pelaku disebut menawarkan skema bisnis tertentu kepada para mahasiswa.

“Kemudian di acara seminar tersebut, pelaku menjelaskan bagaimana skema serta sistem bisnis yang ditawarkan,” ujarnya.

Total ada 331 orang di Polresta Bogor dan 116 orang di Polres Bogor yang melaporkan pelaku penipuan mahasiswa IPB tersebut.

Perempuan tersebut ditangkap di Ciomas, Kabupaten Bogor. Polres Bogor menetapkan Siti Aisyah Nasution sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan.

Dari fakta hukum yang diperoleh penyidik dalam proses penyidikan yang dilakukan, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, mengatakan, polisi sudah menetapkan satu orang tersangka atas nama SAN dengan persangkaan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca