Connect with us

Ekonomi

Karyawan Indosat Kena PHK, Pesangon Paling Tinggi Capai Rp 4 Miliaran

Avatar

Diterbitkan

pada

Kantor Indosat Oorrdoo di kawasan Monas, Jakarta. (ist)

Karyawan Indosat Kena PHK, Pesangon Paling Tinggi Capai Rp 4 Miliaran

FAKTUAL-INDONESIA : Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan bahwa perusahaan telah menempuh langkah PHK sebagian karyawan atau yang mereka sebut sebagai rightsizing. Rata-rata pesangon mereka mencapai Rp 1 miliar hingga yang tertinggi capai Rp 4,3 miliar.

Hal itu diungkap oleh Steve Saerang selaku SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison. Lebih lanjut, ia mengungkap alasan dilakukannya PHK oleh Indosat. Keputusan itu diambil setelah adanya pembentukan organisasi baru di perusahaan.

Paket kompensasi PHK yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah. Sementara yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan dikatakan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku di sini.

Steve Saerang selaku SVP – Head of Corporate menyatakan rata-rata karyawan yang terdampak memperoleh kompensasi miliaran rupiah.

Advertisement

“Nilainya rata-rata mencapai 1 miliar rupiah dan paling tinggi 4,3 miliar rupiah,” sebut Steve seperti dikutip detikINET, Jumat (23/9/2022).

Lebih lanjut, ia mengungkap alasan dilakukannya PHK oleh Indosat. “Keputusan ini diambil setelah pembentukan organisasi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan untuk sekarang dan masa depan. Di organisasi yang baru ini ada beberapa penyesuaian fungsi sehingga ada karyawan yang terdampak dan diberikan kompensasi,” kataß Steve.

Diberitakan sebelumnya, Indosat telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan. Sebagian besar dari mereka yang terimbas menerima keputusan ini.

“Semua telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini. Oleh karena itu, inisiatif reorganisasi sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan,” terang Indosat.

Disebutkan bahwa lebih dari 95% dari karyawan Indosat yang terkena dampak telah menerima tawaran tersebut, sementara sebagian kecil sisanya masih mempertimbangkan tawaran yang diberikan.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca