Connect with us

Teknologi

Resmi Dirilis, iOS 16 Tersedia Mulai dari iPhone 8, Apa Kelebihannya?

Avatar

Diterbitkan

pada

ios 16

Resmi Diliris, iOS 16 Tersedia Mulai dari iPhone 8, Ini Kelebihannya (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apple.Inc akhirnya resmi merilis iOS 16 pada Selasa (13/9/2022). Sistem operasi terbaru ini dapat diunduh secara gratis mulai dari iPhone‌ 8 dan yang lebih baru, dengan Apple tahun ini menghentikan dukungan untuk iPhone‌ 6s, iPhone‌ 7, dan iPhone SE asli.

Jika biasanya perilirsa iOS 16 disertai dengan iPadOS 16, namun Apple masih mengerjakan fitur iPadOS 16‌ seperti Stage Manager, sehingga iPadOS 16‌ telah ditunda dan pembaruan iPadOS 16.1 akan diluncurkan bersama iOS 16.1 dalam waktu dekat, dikutip dari Macrumors, Rabu (14/9/2022).

Terdapat cukup banyak pembaruan yang dibawa Apple ke sistem operasi iOS 16 mulai dari screen lock yang disertai widget, fitur membatalkan dan mengedit iMessage, hingga aplikasi “Home” baru.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, iPhone 6s, 7 dan SE Tak Dapat Dukungan Lagi

Pengalaman “Lock Screen” yang diperbarui adalah perubahan yang paling menonjol di sistem terbaru iPhone ini, dan sekarang dapat menyesuaikan tampilan Layar Kunci sesuai keinginan. Pengguna juga dapat memilih wallpaper, font, dan bahkan widget yang ingin Anda tampilkan.

Mode Fokus Khusus dan wajah Apple Watch bahkan dapat ditautkan ke Layar Terkunci Anda, dan pengguna bisa mengatur beberapa untuk bertukar sepanjang hari.

Advertisement

Pembaruan selanjutnya datang dari iMessage, bagi anda yang menyukai fitur ini maka anda akan mencintai fitur terbaru yaitu menghapus dan mengedit pesan.

Pengguna bisa mengedit pesan di iMessage hingga 15 menit setelah melakukan pengiriman pesan, sedangkan untuk fitur menghapus pesan pengguna bisa menghapus pesan apapun hingga dua menit setelah mengirim pesan.

Kemudian, pengguna dapat menjadwalkan email, membatalkan email, dan mendapatkan pengingat tindak lanjut. Panggilan FaceTime sekarang dapat dialihkan ke perangkat lain, dan di aplikasi Kesehatan, ada fitur baru untuk melacak tidur dan melacak obat dan vitamin yang digunakan.

Baca juga: Keren! Pakai iOS 16, Tukar Kartu SIM Bisa Lewat Bluetooth

Hadir dalam pembaruan untuk iOS 16‌ akhir tahun ini, Perpustakaan Foto Bersama iCloud mempermudah berbagi gambar dengan keluarga melalui satu perpustakaan, ditambah aplikasi Foto mendukung pengeditan salin/tempel dan mengunci album sensitif seperti yang baru saja dihapus.

Di aplikasi Maps, sekarang ada perutean multi-stop, dan di Safari, Apple bertujuan untuk mengganti kata sandi dengan kunci sandi.

Advertisement

Aplikasi “Home” telah dirombak dengan desain baru, dan dengan aplikasi Aktivitas, Anda dapat melacak langkah dan kalori yang terbakar meskipun Anda tidak memiliki Apple Watch.

Aplikasi Cuaca telah ditingkatkan dengan modul baru yang menawarkan lebih banyak data, dan ada juga pembaruan untuk Buku, Saham, Musik, Pengingat, Catatan, Terjemahan, dan banyak lagi.

Seperti perilisan iOS 15, tidak semua fitur di iOS 16 dihadirkan misalnya fitur “Library” foto di iCloud untuk digunakan berbagi bersama keluarga direncanakan baru dirilis akhir tahun.***

Baca juga: Apple Rilis iPhone 14, A16 Bionic Hanya Ada di Versi Pro dan Pro Max

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement