Connect with us

Olahraga

Bridge Asian Games Hangzhou, Indonesia Kembali Butuh Keajaiban Untuk Tim Putri

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Tanggal 22 Agustus 2023, tukang bridge menulis di Kompasiana dan beberapa media online tentang peluang tim bridge Indonesia di Asian Games Hangzhou 2023. Sebagian tulisannya tukang bridge ulang kembali disini : “Tim Putri terdiri  Fera Damayanti/Riantini ditambah  Ernis Sevita/Yunita Fitry serta pasangan yang sama sekali baru Rahma Shaumi/Elsya Ningtyas.

Melihat komposisi ini, untuk bisa berlaga di semi final sehingga menjamin dapat medali sudah cukup berat.

Ketika tim masih lengkap saja di Asia Pacific Bridge Federation Championship di Hongkong bulan Juni yang lalu kita berada di peringkat 4. Di Hangzhou kita harus bersaing dengan India dan Singapura untuk meraih satu tempat di semi final.

Karena China, China Hongkong dan Chinesse Taipei jelas satu level diatas kita.

Advertisement

Dengan demikian tumpuan kita untuk meraih medali emas tinggal bertumpu pada Mixed Team.

Sayangnya melihat prestasi para pesaing kita di The 46th  World Bridge Team Championship yang sedang berlangsung di Maroko maka butuh keajaiban untuk meraih medali emas.

Saingan kita untuk meraih medali emas dari nomor mixed team datang dari dua kekuatan besar, yaitu China dan Chinese Taipei”

Melihat kenyataan yang terjadi, tim mixed boro-boro meraih medali emas, untuk bersaing meraih medali saja sudah tidak bisa.

Tim Mixed saat ini berada di peringkat 8 sehingga sudah tertutup peluangnya untuk berlaga di semi final guna meraih target medali emas, walaupun babak penyisihan masih menyisakan 3 pertandingan besok.

Advertisement

Di nomor ini terjadi kejutan ketika Thailand yang prestasinya sangat tidak menonjol di Asia Pacific Bridge Federation Championship beberapa tahun belakangan ini justru sudah mengambil satu tempat di semi final.

Sepertinya Thailand ini spesialis khusus Asian Games karena di nomor mixed tim tahun 2018 di Jakarta mereka meraih medali perak.

Dua tempat lagi sudah di segel oleh Chinese Taipei dan China. Perebutan satu jatah lagi masih ramai antara Singapura, India dan kuda hitam China Hongkong.

Tapi ada hal menarik yang tukang bridge lihat tentang perjalanan tim mixed dengan tim putra Singapura. Kedua tim pada session kelima round robbin pertama-tama sama-sama berada di peringkat 11 atau buncit.

Yang berbeda hasil di akhir session ke 8 round robbin 2 dimana Indonesia masih di peringkat 8 sedangkan Singapura sudah diperingkat 5 untuk bersaing merebut tempat terakhir di semi final.

Advertisement

Posisi setelah berakhirnya session 8 RR2 :

Rank    Team                           VPs     Pen

1          Chinese Taipei             255.72

2          Thailand                      245.86

3          China                           237.14

Advertisement

4          Singapore                    214.49

5          India                            209.47

6          Hong Kong, China      194.74             1

7          Japan                           191.81

8          Indonesia                    168.51

Advertisement

9          Philippines                   149.57

10        Republic of Korea       129.88

11        Pakistan                       126.81

Sementara itu di bagian putri kembali kita butuh keajaiban agar tim kita bisa lolos ke semi final.

Akibat dua kekalahan pada pertandingan hari ini, peringkat Indonesia turun satu tingkat ke peringkat 5 dengan perolehan 110.91 VP.

Advertisement

Di session ke 4 kalah melawan Thailand 6.28 – 13.72 VP kemudian kalah lagi dari China 7.56-12,44 VP.

Sementara itu saingan utama kita Singapura tampil gemilang di dua sessin hari ini. Mereka menang dtelak dari China 18.65 – 1.35 VP dan menggunduli Korea 20-0 VP.

Akibat hasil ini Singapura melonjak ke peringkat 4 dan membuat perbedaan angka yang cukup jauh dari tim kita setelah mengumpulkan 134.11 VP.

Dengan perbedaan sekitar kurang lebih 23 VP dimana pertandingan tinggal dua session jelas ini bukan pekerjaan mudah. Itu sebabnya judul tulisan ini butuh keajaiban.

Keajaibannya itu Indonesia harus menang cukup telak pada dua session terakhir dengan harapan Singapura kalah telak di dua session terakhir.

Advertisement

Sebenarnya ini jelas hampir mustahil terjadi karena Indonesia akan berhadapan dengan dua tim papan atas China Hongkong dan Chinese Taipei  dan Singapura berhadapan dengan dua tim papan bawah India dan Thailand.

Namun berharap boleh saja dan semoga tim putri kita tampil bersemangat sehingga bisa menggapai angka maksimal disertai harapan agar pesaing tampil kurang baik.

Hasil sementara setelah session 5 round robbin 2 :

Rank    Team                           VPs     Pen

1          China                           150.34

Advertisement

2          Hong Kong, China      149.01

3          Chinese Taipei             139.94

4          Singapore                    134.11

5          Indonesia                    110.91

6          Thailand                      100.44

Advertisement

7          India                            99.27

8          Republic of Korea       75.98. ***

Lanjutkan Membaca