Connect with us

News

Anggarkan Rp 600 Miliar, Revitalisasi Busway dengan Toilet dan Musola

Avatar

Diterbitkan

pada

Salah satu halte busway di Jakarta (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Sebentar lagi masyarakat tidak perlu bingung lagi mencari toilet saat menunggu busway di halte. Sebab PT TransJakarta mulai merevitalisasi 46 halte dengan menambah toilet dan musola.

Total dana yang dianggarkan adalah Rp 600 miliar dan revitalisasi akan dilakukan secara bertahap dengan target selesai pada Desember 2022 mendatang.

Revitalisasi juga akan mempertimbangkan fasilitas untuk memudahkan kaum disabilitas.

Direktur Teknik PT Transjakarta Indrayana mengatakan dalam revitalisasi tersebut, kapasitas dan fasilitas halte Transjakarta akan ditingkatkan.

Menurutnya, saat ini sejumlah halte masih memiliki kapasitas yang terbatas untuk menampung para penumpang.

Advertisement

“Jadi revitalisasi ini memang kami prioritaskan terutama bagi halte-halte kesulitan menampung lebih banyak penumpang. Jadi mau tidak mau harus segera direvitalisasi,” kata Indrayana, Kamis (14/04/2022).

Sementara itu, halte Transjakarta yang telah direvitalisasi juga akan memiliki sejumlah fasilitas baru seperti toilet dan musola.

“Tentu kami akan menambah fasilitas yang lebih banyak, misal setiap halte bakal punya toilet, musala,” ucap dia.

Ia juga menyebut akan mempertimbangkan akses bagi disabilitas. “Jadi, Kami jamin bahwa disabilitas akan bisa terlayani dengan optimal,” tambah dia.

Dari sisi desain, halte Transjakarta juga akan dibuat dengan konsep lebih terbuka untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih luas.

Advertisement

Halte akan dibuat dengan suasana yang lebih terbuka, untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih luas. Jadi pelanggan akan lebih nyaman berada di halte Transjakarta.

Pengerjaan revitalisasi halte tahap pertama telah dimulai hari ini, Jumat (15/04/2022).

Terdapat 11 halte yang direvitalisasi yaitu Halte Tosari, Balaikota, Sarinah, Bundaran HI, Dukuh Atas 1, GBK, Kwitang, Juanda, Kebon Pala, Cawang Cikoko, dan Stasiun Jatinegara 2.

Tahap pertama 11 halte yang sudah diselesaikan proses lelangnya, sehingga kontraktornya sudah bisa mulai pekerjaan hari Jumat, 15 April 2022.

Indrayana menyebut dari total 46 halte yang akan direvitalisasi di antaranya terdiri dari empat halte ikonik yaitu Halte Dukuh Atas 1, Sarinah, Tosari, dan Bundaran HI.

Advertisement

Lalu empat halte terintegrasi yaitu Halte Cawang Cikoko, Kebon Pala, Juanda, dan Halte Stasiun Jatinegara 2 dan sisanya 38 halte biasa.

Revitalisasi halte merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Transjakarta untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement