Connect with us

Nasional

Debat Capres Ketiga, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas di GBK Hari Ini

Avatar

Diterbitkan

pada

Debat capres ketiga akan berlangsung di GBK Senayan Jakarta. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Debat capres ketiga antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan berlangsung malam ini, Minggu (7/1/2024) di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di area debat capres, Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas dan siaga menurunkan 3.041 personel untuk mengamankan debat Pilpres 2024.

“Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan,” kata Karo Penmas Divhumas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024).

Dari total personel yang diturunkan, terdiri dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel). Selain itu ada 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel), serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

“Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Propinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan Debat Capres Cawapres ke 3 melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas dan Bantuan Operasi,” ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Trunoyudo menambahkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional, artinya tergantung kondisi dan situasi di lapangan.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 akan diselenggarakan di Istora Senayan pada Minggu (7/1) lusa, pukul 19.00 WIB malam. Tema debat capres nanti adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Debat capres kali ini akan dipandu oleh moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.***

Lanjutkan Membaca