Connect with us

Wisata

Mengenal Boneka Tradisional Jepang Lewat Pameran “NINGYO: Art and Beauty of Japanese dolls”

Avatar

Diterbitkan

pada

Daruma, adalah salah satu boneka tradisional Jepang yang turut dipamerkan di “NINGYO: Art and Beauty of Japanese dolls”. (Dok. Japanfoundation Jakarta)

FAKTUAL-INDONEISA : Bagi kamu yang masih menikmati liburan sekolah, bisa mengunjungi Galeri Musim Nasional di Gambir. The Japan Foundation, bekerja sama dengan Galeri Nasional Indonesia (GNI), Museum dan Cagar Budaya, serta Kemendikbudristek, menggelar pameran keliling bertajuk “NINGYO: Art and Beauty of Japanese dolls” mulai 6-24 Juli 2023 di Gedung Galeri Nasional, Gambir Jakarta.

Pameran yang dibuka Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pada Rabu (5/7/20230 malam  ini digelar dalam rangka merayakan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Pameran dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 09:00 hingga pukul 19:00 WIB untuk umum secara gratis.

“Pameran NINGYO: Art and Beauty of Japanese Dolls di Indonesia ini sekaligus merayakan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Jepang. Diharapkan eksibisi ini dapat membawa sejarah dan daya tarik budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia,” tulis keterangan resmi dari The Japan Foundation Jakarta, pada 5 Juli 2023.

Pameran membawakan macam-macam jenis boneka Jepang dalam empat sudut padang, yakni boneka sebagai doa bagi kesehatan anak; boneka sebagai sebuah karya seni; boneka sebagai bagian dari kesenian masyarakat; dan Penyebaran kebudayaan boneka di Jepang.

Total karya yang dipamerkan kepada pecinta seni di Ibu Kota adalah sebanyak 67 karya boneka tradisional maupun modern, disertai penjelasan sejarah, fungsi dan penyebarannya dalam kebudayaan masyarakat Jepang.

Advertisement

Terdapat lima karya pilihan Kurator Museum Nasional Tokyo, Mita Kakuyuki, antara lain Amagatsu (boneka untuk mendoakan bayi), Fuji Musume (boneka Gadis Wisteria), Takasaki Daruma (boneka untuk membawa harapan), Jruri Ningy (boneka teater tradisional Jepang), dan Licca-chan (boneka modern Jepang).

Usai digelar di Jakarta, pameran serupa juga akan digelar di Surabaya mulai 23 Ags hingga 12 Sep. Menyusul Bali akan menggelar pameran serupa mulai 13 Sep hingga 15 Okt.

Selain pameran, terdapat juga sesi pemutaran film animasi Jepang dan loka karya pembuatan kerajinan Kurumie dan boneka Daruma felt yang terbuka untuk publik. Informasi lengkap mengenai pameran dan lokakarya dapat dilihat di halaman selanjutnya maupun di media sosial The Japan Foundation, Jakarta.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement