Connect with us

Otomotif

Suzuki Eeco, Mobil Harga Murah Cuma Rp 97 Jutaan

Avatar

Diterbitkan

pada

Penampakan mobil Suzuki Eeco, kesan kuno tapi keren. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Maruti Suzuki resmi meluncurkan mobil MPV baru dengan nama Suzuki Eeco di India. Mobil keren ini juga cuma dijual sekira Rp 97 jutaan.

Meski tergolong murah, namun penampilan Suzuki Eeco ini keren dan juga memiliki segudang kelebihan.

Kendaraan tersebut sengaja dihadirkan untuk menyasar konsumen dari kalangan pemula atau entry level.

Mengutip The Hindustan Times, Sabtu (26/11/2022), Suzuki Eeco mengusung tampilan jadul yang terkesan ketinggalan zaman. Hal itu bisa terlihat melalui tarikan garis, model pelek-bumper-lampu, hingga grilnya yang benar-benar nampak kuno.

Bukan hanya itu, kombinasi warna yang diusung pabrikan terhadap mobil tersebut juga terkesan lawas, yakni biru muda dan hitam dengan aksen khas 80 hingga 90-an. Bahkan, model jendela dan lampunya juga belum menunjukkan kesan modern.

Advertisement

Suzuki Eeco sendiri telah dikenalkan di India sejak 2010 silam. Namun, asal usul kendaraan itu sudah adae sejak lama. Menariknya, secara tampilan, terkesan begitu-gitu saja, alias tak ada sentuhan kekinian.

Suzuki Eeco merupakan mobil MPV dengan konfigurasi lima penumpang. Sementara baris paling belakang digunakan untuk ruang bagasi dengan kapasitas 60 liter.

Sayangnya, mobil baru tersebut tak dilengkapi fitur hiburan apapun. Bahkan, ruang kemudinya saja dibuat sangat sederhana.

Meski demikian pabrikan telah membekalinya dengan sejumlah teknologi keselamatan, seperti dual airbag, ABS, EBD, child lock, sensor parkir, dan immobilizer.

Suzuki Eeco menggunakan mesin baru K-Series 1.2 liter naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 80 dk dan torsi 104,4 Nm. Tenaga tersebut 10 persen lebih besar dibandingkan mesin yang digunakan di model sebelumnya.

Advertisement

Selain versi regular, mobil itu juga hadir dalam varian CNG yang mampu menghasilkan tenaga 71 dk dan torsi 95 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan.

Kelebihan lain dari Suzuki Eeco sendiri terletak di konsumsi bahan bakarnya yang irit, yakni hampir 20 kilometer per liter. Sementara kapasitas tangkinya hanya 32 liter.***

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement