Connect with us

Otomotif

Mobil Toyota Yaris GRMN Jadi Barang Langka, Banyak Dicari Orang

Avatar

Diterbitkan

pada

Penampakan Yaris GRMN limited edition hanya tersedia 500 unit di dunia. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Toyota telah mengeluarkan produksi mobil Toyota Yaris spesial dengan edisi terbatas, hanya tersedia 500 unit di dunia. Karena jumlahnya yang langka tersebut membuat banyak orang rela membayar dengan harga tinggi hingga miliaran rupiah.

Mobil tersebut sudah melakoni debut di ajang Tokyo Auto Salon 2022 lalu dan diberi nama Toyota GRMN Yaris. Menariknya, mobil ini dijual dengan sistem lotere  di Jepang melalui GR Garages.

Mobil yang cuma diproduksi terbatas ini dibanderol mulai dari ¥7.317.000 (Rp 919 juta) untuk GRMN Yaris standar, ¥8.467.000 (Rp 1,06 miliar) untuk GRMN Yaris Circuit Package dan ¥8.378.764 (Rp 1,05 miliar) untuk Rally Package.

Dikutip The Drive, Minggu (29/1/2023) baru-baru ini di sebuah rumah lelang Jepang, seorang pembeli yang tidak disebutkan identitasnya rela membayar dua kali lipat, yakni ¥18,165,000 atau sekitar Rp 2,06 miliar. Rumornya pemilik baru itu berasal dari Hong Kong.

Bukan sembarang mobil, dibandingkan GR Yaris, GRMN Yaris menawarkan peningkatan kekakuan bodi mobil berkat adanya 545 titik las tambahan, lebih banyak perekat struktural dan penyangga tulangan yang memakan ruang bagasi. Penyangga tulangan itu membuat jok belakang ditanggalkan. Item lain seperti sistem infotainment layar sentuh dihapus.

Advertisement

Perubahan lain di kabin termasuk sepasang jok full bucket Recaro serta setir, kenop gigi, dan rem tangan berlapis Alcantara. Plakat di konsol tengah juga telah diganti dengan badge GRMN.

Soal perubahan mekanis, GRMN Yaris mendapat mechanical limited-slip differential di depan dan belakang, pelat kopling tiga keping yang diperkuat. Mesin tiga silinder turbocharged 1.6 liter G16E-GTS dibiarkan seperti GR Yaris standar yang masih menghasilkan tenaga 272 PS dan torsi 370 Nm.

Secara tampilan, Toyota GRMN Yaris lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 10 mm dibandingkan GR Yaris. Hal ini untuk mendukung aerodinamika yang lebih baik dan pusat gravitasi yang lebih rendah.

Mobil ini juga mendapatkan atap baru dan kap mesin berventilasi yang terbuat dari carbon-fibre reinforced plastic (CFRP). Dengan beberapa komponen yang dibuang dari kabin GR Yaris, kini GRMN Yaris sekitar 20 kg lebih ringan.

Toyota juga menawarkan dua paket opsional. Yang pertama adalah Rally Package yang menambahkan shock absorber GR-tuned dan short stabilizer link set, underguard set serta roll bar dengan side protection.

Advertisement

Opsi lainnya disebut Circuit Package yang berfokus pada performa jalan raya dan akan dipasang hanya pada 50 mobil. Paket ini jauh lebih lengkap, ada velg BBS 18 inci, rem 18 inci, sayap belakang swan neck yang terbuat dari bahan CFRP, spoiler lip depan, side skirt dan satu set shock breaker Bilstein dengan redaman yang dapat disesuaikan. Warna bodi Matte Steel khusus juga tersedia dengan paket ini.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement