Connect with us

Lifestyle

Ini Cara Menerima Tamu Saat Lebaran

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara Menerima Tamu Saat Lebaran

Begini Cara Menerima Tamu Saat Lebaran ketika pandemi Covid-19. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Lebaran tahun ini akan terasa lebih menggembirakan karena pemerintah tak lagi menerapkan pembatasan yang ketat. Satgas Covid-19 pun sudah mengizinkan masyarakat boleh bersilaturahmi dengan kerabat, sanak family namun jangan bersalaman.

Berikut ini, cara menerima tamu saat lebaran dimasa pandemi Covid-19:

1. Jangan bersalaman

Cara menerima tamu saat lebaran dimasa pandemi Covid-19 yang pertama yaitu jangan bersalaman. Mungkin seperti tidak sopan ya. Namun jika tamu sudah memahami bahwa kita semua masih dalam situasi pandemi Covid-19, mereka akan mengerti.

2. Jaga jarak

Cara menerima tamu saat lebaran dimasa pandemi Covid-19 berikutnya yaitu menjaga jarak. Tetap jaga jarak dengan tetamu yang datang. Dan jangan lupa memakai masker selalu.

Baca juga: 8 Makanan Khas yang Wajib Hadir Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

3. Sediakan minuman kemasan

Jangan menyediakan minuman dari gelas atau piring yang dicuci. Sebaiknya sediakan minuman kemasan, sediakan jiga makanan dalam box yang bisa langsung dibuang usai makan. Bisa juga sediakan piring dan sendok plastik. Sehingga setelah tamu selesai makan bisa langsung dibuang.

Advertisement

4. Gunakan sendok

Sediakan kue-kue dengan menggunakan sendok. Jangan menyediakan makanan berlebihan. Sediakan secukupnya saja. Atau akan lebih baik menyediakan kue-kue dalam kemasan kecil-kecil. Sehingga aman bagi tamu dan juga tuan rumah.

5. Semprotkan disinfektan

Setelah tamu pulang, segera bersihkan ruangan dan kursi. Semprotkan disinfektan secukupnya. Demikian pula, sebagai tuan rumah, Anda jangan lupa mencuci tangan dan mengganti masker.

6. Menelpon tamu

Jika memungkinkan, Anda bisa menelpon tamu yang akan berkunjung ke rumah Anda. Tanyakan apakah mereka baru pulang dari luar kota atau tidak. Jika baru dari luar kota, sebaiknya minta mereka berkunjung ke rumah Anda seminggu setelahnya.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Orang Madura Saat Lebaran, Salah Satunya Makan Ketupat Hari Ke-7 Lebaran

Jika memungkinkan mintalah tamu tidak membawa rombongan, sekeluarga besar dari anak hingga cucu. Karena kadang kala kebiasaan masyarakat Indonesia seperti itu. Mintalah mereka untuk tidak datang secara bersamaan. Tapi datang bergiliran.

7. Tetap jaga kesehatan

Selalu minum vitamin, makan makanan bergizi, memperbanyak minum air putih dan minum air hangat.

Advertisement

Itulah beberapa cara menerima tamu saat lebaran dimasa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement