Connect with us

Kesehatan

Waspadai, Ini 7 Bahaya Membawa HP ke Toilet bagi Kesehatan

Avatar

Diterbitkan

pada

bahaya membawa HP ke toilet

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, ponsel atau smartphone sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, seseorang kerap membawa Handphone (HP) tersebut kemana ia pergi, termasuk ke kamar mandi. Perlu Anda ketahui, ternyata ada bahaya membawa HP ke toilet yang mungkin tidak Anda sadari.

Pada masa sekarang, sepertinya hampir semua orang pernah membawa ponsel ke kemar mandi meski hanya sesekali. Bersalancar di media sosial dianggap cara terbaik untuk menghabiskan waktu ketika sedang buang air besar.

Walaupun kebiasaan ini merupakan hal lumrah, namun ini juga bisa memicu terhadap penyakit menular dan memiliki beberapa kesehatan yang serius. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan ini agar tidak terkena bahaya membawa HP ke toilet. Sebab, kamar mandi merupakan tempat paling banyak bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: Hati-Hati, ini 6 Tempat Terlarang Menyimpan Handphone

Berikut beberapa bahaya membawa HP ke toilet yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat, timesofindia, dan sumber lainnya.

1. Ponsel mengandung banyak bakteri

Bahaya membawa HP ke toilet yang pertama yaitu ponsel mengandung banyak bakteri. Sudah diketaui bersama bahwa kamar mandi adalah tempat paling banyak kuman di rumah. Setelah menekan tombol flush atau menyiramnya, tentu Anda akan langsung memegang ponsel.

Advertisement

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials, terungkap bahwa 95 persen ponsel petugas kesehatan dipenuhi dengan bakteri penyebab infeksi seperti salmonella, E. Coli dan C. Difficile.

Riset lain yang dilakukan peneliti di University of Arizona juga menemukan bahwa ponsel mengandung bakteri 10 kali lebih banyak daripada mangkuk toilet. Terlebih, mereka yang tidak membersihkannya meski sudah mencuci tangan.

2. Memicu infeksi

Apapun yang ada di dalam kamar mandi tentu terpapar kuman dan bakteri. Membawa smartphone ke toilet sama saja mentransfer bakteri ke gadget tersebut. Kuman dan bakteri itulah yang menimbulkan bahwa membawa HP ke toilet yang bisa menyebabkan penyakit dan mudah menyebabkan infeksi.

3.Menggangu proses buang air besar

Bahaya membawa HP ke toilet berikutnya yaitu menggangu proses saat buang air besar (BAB). Kebiasaan ini dapat mendistraksi seseorang yang membuatnya semakin lama duduk. Tanpa disadari, memainkan ponsel selama lebih dari 10 menit meningkatkan tekanan di anus.

Ini terjadi karena seseorang akan melupakan proses mengejan sehingga proses pencernaan menjadi terganggu. Akibatnya, risiko terjadinya hemoroid atau ambeien pun bisa meningkat.

Advertisement

4. Meningkatkan risiko ambeien

Selain menggangu proses BAB, bahaya membawa HP ke toilet juga dapat meningkatkan risiko ambeien. Dilansir dari Healthline, sebenarnya, bermain ponsel saat BAB bukanlah hal yang menyebabkan wasir, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang menjadi penyebabnya.

Baca juga: Kenali 7 Bahaya Tidur Pakai Celana Jeans, Tinggalkan Mulai Sekarang!

Salah satu penyebab ambeien adalah kebiasaan duduk terlalu lama. Jika terlalu sering, kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus. Alhasil, darah akan menumpuk menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, gatal, dan pendarahan ketika feses dikeluarkan.

5. Memicu kecemasan

Berkembangnya tekonologi saat ini tentu membawa dampak baik dengan membuat segala kegiatan menjadi lebih mudah. Kendati demikian, ini juga bisa memicu munculnya kecemasan dan stres. Pada dasarnya, waktu ke kamar mandi merupakan waktu yang pas untuk melepaskan kotoran dari tubuh sekaligus istirahat singkat dari rutinitas.

Membawa ponsel ke dalam toilet membuat otak tidak dapat beristirahat. Pasalnya, otak akan terus bekerja menerima dan mengolah informasi sehingga menyebabkan penurunan kinerja dan memicu stress.

6. Mengindikasikan fobia tertentu

Salah satu bahaya membawa HP ke toilet lainnya adalah mengindikasikan seseorang dengan fobia tertentu. Entah untuk mengusir kebosanan atau takut ketinggalan informasi, banyak orang membawa ponsel ke dalam toilet.

Advertisement

Fenomena ini disebut FOMO (Fear of Missing Out). Seseorang yang tidak bisa lepas dari ponsel meski hanya sesaat dapat mengindikasikan gejala stres dan masalah mental. Jika demikian, Anda perlu waspada karena bisa saja mengalami nomophobia (no mobile phobia) atau takut dan cemas berlebihan saat berjauhan dari ponselnya.

Namun, tidak semua orang yang membawa HP ke kamar mandi mengidap nomofobia. Memang sebaiknya Anda perlu meninggalkan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari gangguan tersebut.

7. Memicu masalah di kulit wajah

Bahaya membawa HP ke toilet yang terakhir adalah memicu masalah kulit wajah. Sudah disinggung sebelumnya bahwa membawa ponsel ke kamar mandi akan mengundang bakteri, yakni kelompok Staphylococcus.

Ponsel yang terdapat bakteri bisa menyebakan masalah di wajah mengingat ponsel umumnya akan ditempel pada wajah saat menelepon.***

Baca juga: Ketagihan Main Game, Bisa Jadi Terkena Gangguan Jiwa

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement