Connect with us

Kesehatan

Setelah Jerawat Hilang, Hapus Bekasnya Butuh Ketelatenan

Avatar

Diterbitkan

pada

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum. Seseorang berjerawat karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Walau jerawat hanya gangguan pada kulit, namun untuk menghilangkan bekasnya dibutuhkan ketelatenan.

-Cuci wajah dua kali sehari

Advertisement

Mencuci wajah secara teratur dan menjaga kebersihan kulit setidaknya dua kali sehari. Tepatnya, cuci muka setiap pagi dan sore hari setelah beraktivitas seharian. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, kotoran, sel-sel kulit mati yang menempel, dan mencegah pembentukan jerawat baru.

Akan tetapi, perlu diingat membersihkan wajah terlalu sering dapat merusak lapisan asam pada kulit. Juga, penting untuk selalu mencuci wajah dengan tangan yang bersih. Hindari menggunakan alat pembersih wajah karena kebersihannya belum bisa dipastikan.

-Cuci rambut secara teratur

Rambut dekat dengan wajah. Tanpa disadari, wajah kita sering bersentuhan dengan rambut. Oleh karena itu, kebersihan rambut penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Rambut yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Jadi, pastikan jaga kebersihan rambut kamu dan cuci secara teratur.

-Hindari menyentuh wajah saat beraktivitas

Advertisement

Seperti disebutkan sebelumnya, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor adalah kebiasaan buruk sehingga dapat menimbulkan jerawat. Ada banyak bakteri dan kotoran di tangan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout.

Untuk menghindari hal ini, cuci tangan secara teratur dan gunakan tisu yang bersih ketika kamu harus menyentuh wajah. Perlu diingat, bersihkan tangan dari hal-hal yang selalu Anda gunakan setiap hari seperti ponsel, alat makeup, dan handuk.

-Gunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari dapat mempengaruhi berbagai hal pada kulit wajah yang menyebabkan peradangan pada kulit dan memperburuk kondisi kulit yang sedang berjerawat.

Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang meningkatkan produksi minyak dan membentuk jerawat baru pada kulit.

Advertisement

Dengan menggunakan tabir surya, kulit Anda akan terlindungi dari sinar UV terutama epidermis kulit dan pelindung kulit yang akan membantu menghalangi sinar yang dapat menembus lapisan kulit.***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *