Connect with us

Hotel

7 Hal Sebelum Meninggalkan Hotel yang Perlu Anda Perhatikan

Avatar

Diterbitkan

pada

hal sebelum meninggalkan hotel

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika memasuki akhir pekan, banyak orang menghabiskan waktu di luar kota dan memesan hotel untuk beristirahat. Akan tetapi, banyak orang yang keliru ketika hendak checkout dari hotel tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa hal sebelum meninggalkan hotel setelah liburan.

Setelah meninggalkan hotel, tak jarang banyak barang pengunjung yang tertinggal di kamar hotel. Bukan hanya mengepak barang, beberapa aktivitas yang sering dilakukan dengan niat baik justru akan menambah pekerjaan petugas hotel.

Selain itu, banyak orang yang tidak berhati-hati atau “seenaknya” saat menginap di kamar hotel kendari mereka sudah membayarnya. Lantas, apa saja sejumlah hal sebelum meninggalkan hotel yang perlu diperhatikan setelah liburan?

Baca juga: 6 Tips Memilih Hotel Saat Pandemi agar Staycation Tetap Aman dan Nyaman

Berikut beberpa hal sebelum meninggalkan hotel yang perlu diperhatikan, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan merapikan tempat tidur

hal sebelum meninggalkan hotel

Foto Ilustrasi (Sumber: Kompas)

Hal sebelum meninggalkan hotel yang pertama yaitu menghindari merapikan tempat tidur. Sejumlah penghuni hotel banyak berinisiatif merapikan tempat tidur agar memudahkan petugas hotel ketika membersihkan kamar.

Meski berniat baik, namun aktivitas tersebut ternyata tidak perlu Anda lakukan saat menginap di hotel. Sebab, petugas akan kebingungan apakah seprai atau kasur sudah digunakan atau belum. Agar tidak memberatkan pekerjaannya, cukup gulung bed cover di kasur sebagai penanda dan membantu mereka dalam bekerja.

Advertisement

2. Pastikan televisi dalam keadaan mati

hal sebelum meninggalkan hotel

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tak jarang banyak wisawatan yang lupa mematikan televisi. Meski hal sederhana, namun ini merupakan hal sebelum meninggalkan hotel yang perlu diterapkan. Walau tidak ditonton, alasan orang menyalakan TV adalah agar suasana tidak terlalu sunyi.

Namun, televisi yang menyala saat checkout bisa membingungkan petugas. Houeskeeper bisa menganggap bahwa kamar tersebut masih ada orang karena televisi di dalamnya masih menyala. Untuk itu, pastikan Anda suah mematikan televisi sebelum meninggalkan hotel.

3. Kumpulkan sampah

Hal sebelum meninggalkan hotel berikutnya yaitu mengumpulkan sampah. Sampah yang berserah akan menyulitkan housekeeper dan memerlukan waktu yang lama untuk mengumpulkan sampah ke satu wadah.

Ketika Anda ingin checkout, usahakan untuk mengumpul sampah di satu tempat. Tentu hal ini dapat memudahakn petugas yang hendak membersihkan kamar hotel. Jika sampah sudah dikumpulkan, letakkan di dekat tong sampah atau handuk kotor.

4. Periksa bagian bawah kasur dan lemari

Selain mengumpulkan sampah, hal sebelum meninggalkan hotel yang wajib diwaspadai adalah memeriksa bagian bawah kasur dan lemari. Tak sedikit orang menggunakan lemari untuk menyimpan pakaian agar terlihat rapi.

Baca juga: 6 Hotel Bersejarah di Indonesia yang Melegenda dan Ikonik

Ketika meninggalkan hotel, banyak wisawatan lupa membawa barang-barangnya di lemari kamar hotel karena dalam keadaan tertutup. Setelah mengemas semua barang ke dalam tas, periksa kembali lemari untuk menghindari barang tertinggal.

Advertisement

Selain itu, Anda juga perlu memeriska bagian bawah tempat tidur. Terlebih jika pergi bersama anak-anak yang kerap meninggalkan atau menyembunyikan barang bawaan mereka.

5. Jangan melipat handuk

hal sebelum meninggalkan hotel

Ilustrasi melipat handuk (Foto: brightside.me)

Kebanyakan hotel pastinya akan menyediakan fasilitas berupa alat mandi dan handuk. Setelah menggunakan handuk, hindari untuk melipatnya kembali di rak asalnya. Hal ini bisa membingungkan petugas hotel apakah handuk tersebut benar-benar digunakan atau belum.

Anda bisa meletakkan handuk yang sudah dipakai pada bathub atau lantai kamar mandi. Hal ini agar memudahkan housekeeper untuk mengambil dan membersihkannya.

6. Bersihkan kamar mandi seperlunya

Salah satu hal sebelum meninggalkan hotel yang sebenarnya tidak perlu dilakukan adalah membersihkan kamar mandi. Sebenarnya membersihkan kamar mandi hotel sah-sah saja guna memudahkan petugas untuk memberishkannya.

Namun, lakukan hal tersebut seperlunya saja. Mengumpul sisa rambut atau mengumpulkan handuk ke dalam kamar mandi sejatinya sudah memudahkan petugas hotel tanpa perlu membersihkannya secara menyeluruh.

7. Buka tirai jendela

hal sebelum meninggalkan hotel

Ilustrasi tirai kamar hotel terbuka (Foto: Pexels.com/Max Vakhtbovych)

Hal sebelum meninggalkan hotel yang perlu dilakukan lainnya yakni membuka tirai jendala. Hal ini bertujuan agar sinar matahari masuk ke dalam kamar sehingga mempermudah pekerjaan petugas yang akan membersihkan kamar. Itulah mengapa Anda perlu membuka tirai jendela sebelum checkout. Disamping itu, atur segala barang atau aksesoris, seperti remote AC dan TV ke posisi awal.

Itulah beberapa hal sebelum meninggalkan hotel yang hendak diperhatikan. Meskipun terlihat sepele, hal-hal tersebut perlu Anda praktikkan ketika menginap di hotel agar mempermudah pekerjaan petugas hotel.***

Advertisement

Baca juga: 6 Hotel Bersejarah di Indonesia yang Melegenda dan Ikonik

Lanjutkan Membaca