Connect with us

Internasional

Serangan Panas di Thailand, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Avatar

Diterbitkan

pada

Serangan panas di Thailand mengakibatkan 61 orang tewas. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Serangan panas di Thailand tahun ini lebih banyak mengakibatkan kematian dibanding tahun sebelumnya 2023. Tahun ini, hingga April tercatat 61 orang meninggal akibat serangan panas.

Hal ini dilaporkan langsung oleh Kementerian Kesehatan Thailand pada Jumat (10/5/2024). Thailand telah mengalami serangan panas di seluruh wilayahnya selama berminggu-minggu.

Menurut laporan, gelombang panas melanda Thailand dalam beberapa pekan terakhir, mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tentang cuaca panas hampir setiap hari.

Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Jumat bahwa 61 orang telah meninggal karena sengatan panas sejak awal tahun 2024, dibandingkan dengan 37 orang pada keseluruhan tahun 2023.

“Bagian timur laut Thailand mengalami jumlah kematian tertinggi,” kata kementerian Kesehatan Thailand, dikutip dari CNA.

Advertisement

Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia akan menghasilkan gelombang panas yang lebih sering, lebih lama, dan lebih hebat.

“Meskipun fenomena El Nino turut mendorong terjadinya cuaca yang sangat hangat tahun ini, Asia juga mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan rata-rata global,” menurut Organisasi Meteorologi Dunia PBB.

Apichart Vachiraphan, wakil Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, memperingatkan orang-orang dengan kondisi medis yang mendasarinya untuk membatasi waktu mereka di luar ruangan.

Sebelumnya, sengatan panas atau heatstroke menewaskan 30 orang di Thailand sejak 1 Januari hingga 17 April 2024.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement