Connect with us

Internasional

Pecah Rekor! Ditemukan Ikan Mola Mola Raksasa di Lisbon

Avatar

Diterbitkan

pada

Ikan mola-mola raksasa ditemukan di Lisbon. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Ikan mola-mola raksasa seberat hampir 3 ton ditemukan di pesisir pantai Portugal beberapa waktu lalu. Ikan itu tercatat ke dalam buku rekor Guiness World Record sebagai ikan mola-mola terbesar di dunia.

Informasi soal ikan dengan nama ilmiah alexandrini tersebut diketahui dalam artikel ilmiah yang diterbitkan bulan ini dalam ‘Journal of Fish Biology’.

Ikan tersebut ditemukan terdampar di pesisir pantai Kepulauan Faial di Azores, Portugal bulan Desember 2021 silam. Bangkai mola-mola itu kemudian dievakuasi oleh otoritas setempat untuk dibawa ke pelabuhan.

Selanjutnya, para ilmuwan akan meneliti bangkai ikan mola-mola berukuran raksasa itu. Dari hasil pengukuran diketahui, ikan mola-mola itu memiliki tinggi 3,6 meter dan lebar 3,3 meter. Beratnya saat ditimbang nyaris mencapai 3 ton.

Berat tersebut sama dengan berat badak putih dewasa. Ikan mola-mola ini lebih berat 500 kilogram dibandingkan ikan mola-mola terbesar sebelumnya yang ditangkap di Jepang pada tahun 1996.

Advertisement

Para ilmuwan belum menemukan jawaban mengapa ikan mola-mola raksasa itu bisa mati dan terdampar di Portugal. Namun dugaan sementara, ada bekas luka di bagian kepala ikan itu yang identik dengan jangkar kapal.

Menurut Jose Nuno Gomes-Pereira, ahli biologi kelautan dari Atlantic Naturalist Association, ikan mola-mola raksasa itu adalah spesimen menakjubkan yang sangat luar biasa.

Gomes bisa membayangkan betapa menakjubkannya makhluk ini ketika masih hidup di dalam lautan. Ikan mola-mola raksasa ini pun membuat makhluk laut lainnya jadi terlihat kecil.

Ikan mola-mola atau biasa disebut sunfish tidak berbahaya bagi manusia. Mereka mengonsumsi ubur-ubur, ikan-ikan kecil dan juga zooplankton.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement