Connect with us

Internasional

Dua Tembakan Peringatan Saling Dilepaskan oleh Dua Korea

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi bendera Korut dan Korsel. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Dua Korea saling memberikan tembakan peringatan di Laut Kuning pada Senin (24/10/2022). Kapal milik Korea Selatan (Korsel) menembak peringatan terlebih dahulu. Lalu kemudian kapal Korea Utara (Korut) membalasnya.

Awalnya Korea Selatan ingin memperingatkan kapal angkut Korea Utara yang dianggap melanggar di Northern Limit Line (NLL) di Laut Kuning. Kapal Korut itu melanggar NLL di dekat pulau garis depan Baengnyeong pada pukul 03:42 pagi. Demikian berdasarkan laporan Yonhap, pada Senin (24/10/2022).

Kepala Staf Gabungan Korsel atau Joint Chiefs of Staff (JCS) berkata kapal Korut itu kembali ke utara setelah kapal perang Korea Selatan memberikan peringatan.

Tak lama kemudian, giliran Korea Utara yang menuding kapal perang Korea Selatan melanggar perbatasan laut. Korut lantas menembakan 10 peluru artileri.

Media pemerintah Korea Utara menyebut pihak militer negaranya memberikan peringatan kepada Korea Selatan yang dianggap mengganggu dan provokatif di laut.

Advertisement

JCS berkata,  Korea Utara menembak pada pukul 05:14 pagi. Pihak Korsel berkata tembakan Korea Utara melanggar Perjanjian Militer Komprehensif pada 19 September yang bertujuan meredakan ketegangan.

Politico menyebut perbatasan yang kurang jelas merupakan sumber ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Saat, ini militer Korea Selatan sedang menggelar latihan tahunan yang melibatkan prajurit AS. Korea Utara selalu tidak suka latihan tersebut karena dianggap provokatif.

Pada beberapa pekan terakhir, Korea Utara juga melaksanakan latihan persenjataan dan kerap menembak misil ke arah laut, termasuk salah satunya misil yang sempat melewati Hokkaido, Jepang.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement