Connect with us

Internasional

Arab Saudi Luncurkan ‘Nusuk’ Platform Umrah, Permudahkan Jemaah

Avatar

Diterbitkan

pada

Platform Nusuk untuk kemudahan jemaah umrah. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Arab Saudi luncurkan platform pelayanan digital untuk jemaah umrah. Dengan layanan ini semakin memudahkan jemaah termasuk dalam pembuatan visa.

Platform digital tersebut bernama Nusuk yang diluncurkan di Hotel Fairmont, Jakarta pada Senin (24/10/2022). Peluncuran itu dilakukan langsung oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah beserta jajarannya yang kebetulan sedang melakukan lawatan ke Indonesia untuk bertemu dengan Menteri Agama Republik Indonesia.

Platform ini merupakan sebuah wadah informasi sekaligus layanan untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan para jemaah umrah.

“Dengan senang hati hari ini saya ingin berbagi tentang launchingnya Nusuk platform. Di mana platform nusuk ini adalah platform digital yang terintegrasi untuk perjalanan umrah dengan sistem baru,” kata Chief Market Officer APAC Alhasan AlDabbagh dalam sambutannya, seperti yang diterjemahkan oleh penerjemah langsung di lokasi.

Salah satu layanan penting yang disediakan platform ini yaitu layanan permohonan visa. Alhasan menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya untuk mempermudah dan meringankan proses pembuatan visa bagi para jemaah.

Advertisement

“Kami akan bekerja keras, kami akan maksimalkan kinerja kami untuk membuat visa yang lebih terjangkau dan lebih mudah diakses oleh semua wisatawan dan para jemaah umrah di Indonesia ini,” kata Alhasan.

Tak hanya untuk memperkenalkan platform Nusuk. Acara ini juga menjadi momen peluncuran platform tersebut dalam bahasa Indonesia. Salah satu yang ditampilkan dalam peluncurannya yaitu bagian permohonan visa dalam platform.

“Hari ini kami akan tampilkan dan informasikan tentang portal visa dalam bahasa Indonesia. Portal pertama berkaitan dengan pembuatan visa. Bagaimana cara mengajukan visa yang sistemnya nanti akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Wakil Presiden Nusuk.

Selain memuat layanan yang mempermudah proses permohonan visa, platform ini juga menyediakan informasi mengenai jumlah wisatawan yang ada di Makkah. Sehingga wisatawan bisa mengetahui secara real-time kepadatan yang ada di tanah suci.

“Semua akan bisa melihat dan mengidentifikasi sebesar apa frekuensi padat atau tidaknya jemaah yang ada di Makkah,” lanjut Wakil Presiden Nusuk.

Advertisement

Tak sampai di situ saja, platform ini juga menghadirkan informasi lain terkait pelaksanaan ibadah umrah serta wisata Arab Saudi. Termasuk di dalamnya informasi mengenai hotel dan restoran.

“Bagaimana cara pemesanan hotel secara langsung, juga mengenai restoran yang bisa digunakan jemaah. Aplikasi ini nanti akan menunjukkan satu (informasi) dengan yang lainnya. (Menjadi) platform navigasi untuk masing-masing jemaah,” dia menambahkan.

Meski begitu, perwakilan Nusuk juga menyebutkan bahwa belum semua fitur Nusuk dapat ditampilkan dalam peluncuran ini. Mereka akan mengembangkan lagi fitur-fitur lain yang dapat mempermudah jemaah.

“Ada beberapa fitur yang akan kami tampilkan dan hari ini baru beberapa saja (yang diluncurkan). Hari ini akan kami tampilkan beberapa fitur yang dapat mempermudah jemaah dan travel dalam ibadah perjalanan Umrah,” ujar dia.***

 

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca