Connect with us

Ekonomi

Simak 5 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Praktis!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara transfer uang ke luar negeri

Foto Ilustrasi: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Berkembangnya teknologi membuat kehidupan masyarkat menjadi sangat terbantu, termasuk kirim uang atau transfer. Di berbagai kondisi, terkadang banyak orang ingin mentransfer uang ke luar negera Indonesia. Meski begitu, ternyata banyak yang tahu bagaimana cara transfer uang ke luar negeri.

Dahulu, jika Anda ingin mengirimkan uang ke dalam atau luar negari, Anda harus menggunakan wesel pos. Berkat majunya teknologi, sekarang cara transfer uang ke luar negeri dalam dilakukan dengan mudah. Bahkan, Anda bisa melakukannya tanpa keluar rumah.

Cara transfer uang ke luar negeri perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia yang saat ini yang sanak keluarganya sedang menjalani pendidikan atau bekerja di luar negeri. Terdapat beberapa metode transfer dana ke negara lain yang diselenggarakan oleh sejumlah penyedia jasa keuangan, seperti bank, Western Union, PayPal, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Kode Bank Transfer di Indonesia Terlengkap

Berikut beberapa cara transfer uang ke luar negeri yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Westren Union

cara transfer uang ke luar negeri

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara transfer uang ke luar negeri yang pertama yaitu menggunakan jasa Western Union. Penyedia jasa keuangan ini juga merupakan metode kirim uang ke negera lain yang cukup populer. Anda bisa mudah menemukannya di berbagai tempat, Mulai dari minimarket, kantor pos, hingga di kota kecil sekalipun.

Apabila Anda ingin menggunakan jasa Western Union, Anda hanya perlu datang ke outlet yang berlogo perusahaan ini dengan membawa identitas lengkap beserta data penerima. Lalu, tentukan jumlah uang yang ingin di kirim.

Setelah itu, penerima akan diberikan pemberitahuan agar mengambil uang di agen Western Union terdekat. Uniknya, pengirim tidak perlu memiliki rekening bank tertentu untuk mentransfer dana. Biaya jasa yang ditarik penyedia jasa sendiri termasuk lebih mudah hanya sekitar belasan persen.

2. PayPal

cara transfer uang ke luar negeri

Ilustrasi PayPal (Istimewa)

Jika Anda ingin mengirimkan uang ke negara lain, Anda bisa memanfaatkan PayPal. PayPal merupakan salah satu pembayaran digital paling populer di dunia. Platform ini banyak digunakan untuk pembayaran transaksi secara online.

Hingga kini, Paypal kerap digunakan sebagai alat pembayaran antar negara yang paling praktis dan mudah. Tak hanya membayar, Anda juga bisa mengirim uang ke berbagai negara. Tenang saja, Paypal sudah dikenal memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan kerahasiaan rekening terjaga dengan baik sehingga aman untuk bertransaksi.

Sebelum menerapkan cara transfer uang ke luar negeri dengan PayPal, Anda diwajibkan membuat akun PayPal terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat menggunakan keseluruhan layanannya termasuk mengirim uang ke luar negeri.

3. Klik BCA

cara transfer uang ke luar negeri

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara transfer uang ke luar negeri berikutnya adalah melalui Bank BCA. Bank swasta satu ini sudah menyediakan layanan daring untuk memudahkan berbagai transaksi nasabah. Salah satunya adalah layanan klik. Bca saat ini telah melayani pengiriman valas dalam 14 mata uang asing dengan kurs dan biaya yang kompetitif.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit

Selain mempunyai rekening, pastikan rekening Anda sudah terdaftar di klik BCA sebelum melakukan transfer. Caranya sebagai berikut:

Advertisement
  1. Login klikBCA
  2. Pilih menu transfer dana
  3. Pilih menu daftar rekening tujuan
  4. Kemudian pilih valas ke rekening bank lain
  5. Masukkan respon keyBCA apply
  6. Klik lanjutkan
  7. Cek ulang rekening yang mau didaftar
  8. Klik kirim saat data rekening sudah sesuai
  9. Nomor rekening transfer valas ke rekening bank lain berhasil didaftarkan.

4. Bank Mandiri

cara transfer uang ke luar negeri

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain Bank BCA, cara transfer uang ke luar negeri juga bisa menggunakan Bank Mandiri. Berbeda dengan sebelum, Anda harus datang ke kantor ke kantong cabang Bank Mandiri terdekat apabila ingin mengirimkan unag ke luar negeri. Disana Anda akan mengisi lembaran transfer dan melakukan pengiriman melalui teller Bank Mandiri.

Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan Mandiri Online Internet Banking. Namun, terdapat sejumlah persyaratan tertentu saat hendak menggunakan platform ini. Jika penasaran, berikut cara menggunakan fasilitas Mandiri online internet banking:

  1. Pilih menu transfer di halaman dashboard livin’ web
  2. Pilih transfer ke rekening mandiri
  3. Masukkan informasi transfer; kamu perlu memasukkan informasi transfer untuk transfer valuta asing ke rekening mandiri
  4. Klik tombol lanjut
  5. Pastikan informasi transfer sudah sesuai
  6. Pilih kirim
  7. Otentikasi menggunakan token, Anda juga perlu memasukkan kode challenge yang didapat dari sms ke dalam token, kemudian masukkan ke kode respon yang diterima di token ke layar.
  8. Pilih selesai. Nanitnya, transaksi akan diproses setelah otentikasi selesai, resi akan ditampilkan di layar.

5. Mobile Banking BNI

cara transfer uang ke luar negeri

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara transfer uang ke luar negeri lainnya adalah menggunakan Bank BNI. Bank negera satu ini menyediakan layanan pengirim ke luar negeri. Anda bisa memanfaatkan layanan Mobile Banking BNI untuk mentranfer uang ke negara lain tanpa perlu datang ke kantong cabang. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking
  2. Lalu, masuk ke dalam halaman menu utama dan pilih menu transfer
  3. Pilih menu international remittance
  4. Setelah membaca syarat dan ketentuan, maka klik lanjut
  5. Pilih nomor rekening debet
  6. Lalu, pilih input baru
  7. Tentukan negara tujuan transfer
  8. Pilih Bank tujuan
  9. Masukkan nomor rekening tujuan
  10. Masukkan nama dan alamat penerima
  11. Jika ingin memasukkan nomor rekening penerima ke dalam Daftar Favorit (centang simpan ke Daftar Favorit) dan masukkan nama singkat
  12. Kemudian, masukkan nominal mata uang yang ingin ditransfer
  13. Pilih beban Ongkos Bank Koresponden
  14. Pilih tujuan transaksi
  15. Masuk ke halaman validasi
  16. Masukkan password transaksi
  17. Terakhir, klik lanjut dan transaksi selesai.

Baca juga: BI: 44 Bank Siap Implementasi BI Fast, Biaya Transfer Jadi Rp2.500

Itulah beberapa cara transfer uang ke luar negeri. Mudah bukan? Gunakan jasa yang paling tepat sesuai kebutuhan dan pertimbangkan tentang perhitungan manajemen keuangan Anda.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement