Connect with us

Teknologi

Awas! Ada Lagi Penipuan Berkedok ‘Like’ YouTube Dapat Uang

Avatar

Diterbitkan

pada

FAKTUAL-INDONESIA : Saat ini banyak iming-iming mendapat uang hanya dengan nge-like Instagram atau YouTube dan sebagainya. Namun ternyata tidak semua benar.

Karena ternyata kini ada penipun berkedok cara-cara mendapatkan uang dengan cara seperti itu. Hanya dengan like video YouTube tapi justru mereka yang mengikutinya akan kehilangan uang.

Penipuan seperti ini banyak ditemukan di India. Penjahat siber biasanya menyebarkan pesan penipuan ini lewat WhatsApp, LinkedIn, dan Facebook.

Awalnya, penipu akan menghubungi calon korban lewat WhatsApp untuk menawarkan lowongan pekerjaan. Penipu biasanya mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan media global yang namanya tidak diketahui banyak orang.

Lowongan yang ditawarkan sangat menggiurkan, pengguna cukup like video YouTube dan akan mendapatkan USD 0,5 atau sekitar Rp 7 ribuan per like. Penipu menjanjikan calon korban bisa mendapatkan USD 60 atau sekitar Rp 898 ribuan dalam sehari.

Advertisement

Untuk meyakinkan calon korban, penipu bahkan mengirimkan uang dalam jumlah kecil, misalnya USD 2. Uang ini adalah bayaran untuk menyelesaikan tiga tugas di mana penipu akan mengirimkan link untuk tiga video YouTube, kemudian meminta korban me-like video, dan membagikan screenshot-nya.

Setelah itu penipu memasuki fase kedua di mana mereka akan meminta data pribadi pengguna untuk mengirim pembayaran. Kemudian mereka akan berpura-pura sedang mengalami masalah teknis dalam proses pembayaran.

Penipu kemudian meminta korban untuk mengunduh aplikasi untuk mempermudah proses transfer uang. Masalahnya, aplikasi ini biasanya trojan atau malware yang bisa mencuri data pribadi.

Setelah itu penipu akan meminta korban untuk mengirimkan uang sebesar USD 1 untuk verifikasi. Di situ lah penipu akan memiliki semua data perbankan pengguna, mulai dari OTP, email, rekening bank, dan informasi kartu kredit, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (30/1/2023).

Jika kalian pernah menerima pesan seperti ini, yang menjanjikan uang banyak hanya dengan melakukan pekerjaan sederhana, sebaiknya dicurigai karena bisa jadi penipuan. Begitu mendapatkan uang dari korban, penipu akan langsung menghapus akun WhatsApp-nya dan mencari korban lain.

Advertisement

Pastikan untuk segera melaporkan akun WhatsApp mencurigakan seperti ini, dan langsung diblokir agar mereka tidak menghubungi lagi. Selain itu jangan biarkan nomor pribadi kalian tersebar di situs atau media sosial secara publik.***

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement