Connect with us

Politik

Sukses Tidaknya Pemilu Tergantung Peran Aktif Masyarakat

Avatar

Diterbitkan

pada

Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD. (Ist).

Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD. (Ist).

FKTUAL-INDONESIA: Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada 2024. Tanpa itu pertubuhan demokrasi di Indonesia tidak akan maju.

Oleh karenanya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Hal ini dikemukakan Mahfud dalam akun Youtube Kemenko Polhukam, yang terpantau, di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Menurut dia, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 ini bisa terwujud saat semua pihak peduli akan pertumbuhan demokrasi di Indonesia dan membantu KPU dan Bawaslu.

“Tentu akan berhasil manakala kita peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan demokrasi Indonesia turut membantu KPU dan Bawaslu,” ujar Mahfud.

Advertisement

Dikatakan, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 yang baru dilantik, menyatakan kesiapannya untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Anggota KPU dan Bawaslu, dan semuanya menyatakan siap, akan bekerja menyiapkan Pemilu dan Pilkada 2024 dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 yang baru saja dilantik-nya untuk segera tancap gas mempersiapkan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Sejurus dengan itu Presiden mengingatkan kepada para pejabat KPU dan Bawaslu yang dilantiknya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022) agar senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah maupun DPR RI dalam menjalankan tugas serta kewenangannya.

“Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas serta kewenangannya untuk mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024,” kata Presiden dalam keterangan pers terkait pelantikan itu yang dirilis kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (12/4/2022). ***

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca