Home Politik Selama Berlangsung PPKM Darurat Pemerintah Mendengar Keluhan Masyarakat

Selama Berlangsung PPKM Darurat Pemerintah Mendengar Keluhan Masyarakat

oleh Marpi
Presiden Jokowi menyampaikan perpanjangan PPKM Darurat 5 hari. (Ist).

Presiden Jokowi menyampaikan perpanjangan PPKM Darurat 5 hari. (Ist).

FAKTUALid – Presiden Joko Widodo mengakui bahwa penerapan Peberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat adalah pilihan sulit. Namun langkah itu harus ditempuh dalam upaya mencegah penularan Covid-19 lebih meluas.

Selama berlangsung PPKM Darurat dua pekan terakhir, menurut Jokowi, pemerintah selalu memantau dinamika yang terjadi di masyarakat. Pemerintah tidak hanya memantau, tetapi mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM Darurat.

Dalam keterangan pers di kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (20/7/2021) malam, Presiden menjelaskan, kebijakan PPKM darurat yang diterapkan sejak 3 Juli 2021 lalu merupakan kebijakan yang tak bisa dihindari. Ia mengakui kebijakan pembatasan tersebut sangat berat untuk diambil, namun harus dilakukan untuk menurunkan tingkat penularan kasus COVID-19.
PPKM Darurat harus dilakukan sejak 3 Juli 2021 untuk mengurangi kebutuhan masyarakat terhadap pengobatan di rumah sakit, sehingga fasilitas kesehatan tidak lumpuh karena tingkat keterisian yang berlebih.

“Ini dilakukan untuk menurunkan penularan COVID-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit, sehingga tidak menyebabkan lumpuhnya rumah sakit lantaran kapasitas berlebih pasien COVID-19 serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya,” tutur Presiden menjelaskan.

Kata Presiden, sejak PPKM Darurat berjalan pada 3 Juli 2021, penambahan kasus COVID-19 dan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit mengalami penurunan.

“Alhamdulillah, kita bersyukur, setelah dilaksanakan PPKM darurat, terlihat dari data penambahan kasus dan kepenuhan bed (tempat tidur) rumah sakit mengalami penurunan,” katanya seperti dilansir antaranews.com. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar