Connect with us

Politik

Prabowo Masih Jadi yang Terdepan, Anies Kalahkan Ganjar

Avatar

Diterbitkan

pada

Prabowo masih jadi capres teratas pilihan rakyat. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei elektabilitas jika tiga capres yaitu Prabowo, Ganjar dan Anies diadu.

Hasilnya, Prabowo Subianto unggul saat dihadapkan dengan Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan. Namun Anies berhasil mengalahkan Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada 5-13 Juni 2023 menggunakan metode multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,90% dengan tingkat akurasi data 95%.

Ada 1.200 orang responden yang tersebar proporsional secara nasional. Untuk menguji validitas responden, IPO melakukan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel.

“Ketika kami coba sandingkan, dua tokoh masing-masing bertemu. Misalnya ketika Prabowo berhadapan head to head dengan Anies Baswedan maka pemenangnya adalah Prabowo dengan 58,3%. Sementara Anies Baswedan cuma mendapatkan 37,1% dengan tingkat persepsi publik yang tidak menjawab atau masih rahasia 4,6%,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam konferensi pers di Hotel Tamarin Jakarta, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2023).

Advertisement

“Ketika prabowo diuji bertemu dengan Ganjar. Posisinya tetap sama, Prabowo Subianto tetap lebih unggul dengan 51,7% kemudian Ganjar hanya 36,5%,” tambah dia.

Berikut hasil survei saat responden diberikan pertanyaan ‘Jika hari ini dilaksanakan pemilihan presiden, dari nama kandidat ini siapakah yang bapak/ibu akan pilih?’:

Simulasi 1: Prabowo Vs Anies
Prabowo Subianto: 58,3%
Anies Baswedan 37,1%
TT/TJ 4,6%

Simulasi 2: Prabowo Vs Ganjar
Prabowo Subianto 51,7%
Ganjar Pranowo 36,5%
TT/TJ 11,8%

Simulasi 3: Anies Vs Ganjar
Anies Baswedan 52%
Ganjar Pranowo 44,5%
TT/TJ 3,5%

Advertisement

Bagaimana dengan kandidat presiden pilihan Anda?***

Lanjutkan Membaca
Advertisement