Connect with us

Politik

PKB dan Gerindra Daftar Pemilu 2024 pada 8 Agustus, Ternyata Ini Alasannya

Avatar

Diterbitkan

pada

Prabowo dan Cak Imin sepakat berkoalisi di Pemilu 2024. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sepakat akan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 pada Senin (8/8/2022) mendatang. Ternyata ada alasannya.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengungkapkan bahwa berdasarkan penanggalan Islam, tanggal tersebut jatuh pada 10 Muharam 1444 Hijriah.

Menurutnya, tanggal itu merupakan tanggal baik, karena banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam terjadi pada 10 Muharam. Karena itulah mereka sepakat mendaftar di tanggal tersebut.

“Pemilihan tanggal 10 Muharam telah dikaji secara matang. Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut. Di antaranya pada tanggal tersebut Nabi Adam Alaihissalam diciptakan pertama kali oleh Allah SWT, berlabuhnya Nabi Nuh AS di bukit Zuhdi setelah melewati banjir besar, selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa pembakaran Raja Namrud, hingga terbebasnya Nabi Yusuf AS dari penjara karena fitnah,” kata Huda, Kamis (4/8/2022) seperti dikutip CNN.

Dia menerangkan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam itu bisa dimaknai sebagai titik balik kemenangan perjuangan para tokoh-tokoh besar dunia.

Advertisement

Berbagai peristiwa itu juga diharapkan Huda, menjadi inspirasi bagi perjuangan kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024.

Huda juga mengatakan pemilihan 10 Muharam sebagai waktu PKB dan Gerindra mendaftarkan diri ke KPU merupakan simbol perjuangan politik yang tidak bisa dilepaskan nilai-nilai luhur dari sisi keyakinan spiritual.

“Pemilihan waktu baik ini menjadi penanda bahwa perjuangan kita di ranah politik ini tidak hanya didasari semangat mengejar kekuasaan semata tetapi juga terinspirasi dari nilai-nilai luhur agama yang menjadi inspirasi dan suluh perjuangan untuk sesama,” kata dia.

Huda menyatakan 10 Muharam juga kerap disebut sebagai hari raya yatim, di mana seluruh umat Islam diharapkan bisa memberikan penghargaan dan pengayoman kepada para yatim agar tidak merasa sendirian.

Karena itu pada tanggal 8 nanti, pihaknya akan menggelar doa bersama dan santunan kepada para yatim sebelum berangkat mendaftarkan diri ke KPU nanti.

Advertisement

Lebih lanjut, Huda menyampaikan kesepakatan PKB Gerindra dan PKB mendaftarkan diri secara bersama-sama ke KPU merupakan bagian dari upaya menyatukan langkah menghadapi Pesta Demokrasi di tahun 2024.

Menurutnya komunikasi PKB dan Gerindra dan PKB yang semakin intensif dari hari ke hari diharapkan bisa menghasilkan berbagai keputusan-keputusan terbaik yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memastikan partainya akan melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU bareng Partai Gerindra pada 8 Agustus 2022.

KPU membuka pendaftaran peserta Pemilu 2024 pada 1-14 Agustus 2022. ***

 

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca