Connect with us

Politik

Partai Golkar Bakal Calonkan Ridwan Kamil Maju di Pilgub DKI Jakarta

Avatar

Diterbitkan

pada


Usai Pemilihan Umum (Pemilu), Ridwan Kamil bakal fokus nyalon di Pilgub DKI Jakarta. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) dipersiapkan Partai Golongan Karya (Golkar) untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Selain RK, Golkar juga menyiapkan mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk maju.

Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024, termasuk pemilihan gubernur DKI Jakarta. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, kedua kadernya itu bahkan sudah mengantongi surat izin maju.

“Dua-duanya sudah diberi surat Golkar, penugasan untuk pilkada (DKI Jakarta),” katanya dijumpai di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (26/2/2024).

Airlangga mengatakan, keduanya dipersiapkan partai saat ini karena sudah membantu meningkatkan suara Golkar pada Pemilu 2024.

Namun terkait siapa yang akan benar-benar maju, bergantung pada hasil survei terakhir terkait kedua nama itu.

Advertisement

“Nanti mengerucut dan akan dipilih dalam forum khusus (Golkar) sesuai jadwal pilkada,” ujar Airlangga yang juga menteri koordinator bidang perekonomian.

Jadwal pelaksanaan pemilihan gubernur telah diatur dalam Pasal 201 Ayat (8) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang (UU Pilkada).

Dalam pasal itu, disebutkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada November 2024.

Terkait pilkada tahun ini, Komisi II DPR telah mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu lantas menyepakati pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dilaksanakan pada 27 November 2024.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement