Connect with us

Politik

Makan Siang Bareng Prabowo, Jokowi Buka Suara

Avatar

Diterbitkan

pada

Prabowo diundang makan siang oleh Jokowi di Istana Bogor. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Minggu lalu (18/6/2023), Presiden Jokowi menjamu Prabowo makan siang di Istana Kepresidenan, Bogor.

Jokowi bilang, hari Minggu dia tidak tidur siang seperti kebanyakan orang yang menikmati hari liburnya di rumah, melainkan dirinya masih menerima tamu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal agenda makan siang bersama Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Istana Bogor. Jokowi ngaku bahas politik dengan Prabowo.

Awalnya Jokowi ditanya soal isi pertemuannya dengan Prabowo di Istana Bogor. Jokowi menilai itu hal yang biasa jika dirinya bertemu khusus dengan menterinya di hari Senin sampai Minggu.

“Ya itu biasa, saya itu ketemu dengan para menteri, di hari Senin sampe Jumat. Tapi juga di hari Sabtu dan Minggu, biasa. Hanya ada yang diunggah dan tidak diunggah,” kata Jokowi di NTB, Selasa (20/6/2023).

Advertisement

Jokowi lantas bicara dirinya juga pernah makan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan. Hanya saja menurutnya hal itu tidak dipublikasikan.

“Sebelumnya kan saya juga makan dengan Pak Ganjar Pranowo. Sebelumnya saya juga makan dengan Pak Erick juga, biasa, sering juga makan malam, makan siang dengan Pak Luhut juga sering. Cuman nggak diunggah,” ujarnya.

Di hari Minggu itu, Jokowi mengaku Prabowo ingin bertemu menyampaikan sesuatu. Pertemuan berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting, ya hari Minggu jangan dipikir saya tidur hari Minggu,” ujarnya.

“Jadi saya terima, saya terima, saya terima. Karena jamnya pas jam 1 ya,” lanjut Jokowi.

Advertisement

Lantas saat ditanya apakah membahas pilpres, Jokowi tidak menjawab. Namun dia mengaku ada pembahasan politik.

“Ya utamanya soal politik, saya bicara apa adanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto di Istana Bogor Minggu (18/6) siang. Mereka terlihat makan siang bersama.

Pertemuan keduanya itu diketahui dari foto yang diposting Prabowo di akun Instagramnya. Prabowo mengunggah foto pertemuan itu Minggu (18/6/2023) malam.

Ada dua foto yang diunggah Prabowo. Kedua foto itu memperlihatkan mereka tengah menyantap makanan yang dihidangkan di meja.

Advertisement

Dari foto itu juga terlihat kalau pertemuan terjadi di siang hari, karena tampak suasana langit di foto itu masih terang.

Prabowo sudah buka suara terkait pertemuan itu. Dia menyebut pertemuan itu membawa kesan tersendiri.

“Pertemuan hari itu membawa kesan,” kata Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023).

Prabowo enggan mengungkapkan detail pertemuannya dengan Jokowi. Menurutnya, pertemuan antara menteri dan kepala negara tak harus diceritakan semua. Yang jelas, Prabowo menjamin bahwa pertemuan itu digelar dalam situasi baik.

“Jadi ya masak pembicaraan antara pimpinan negara dan menterinya harus diceritakan semua. Pokoknya tenang aja. Itu masih baik dan aman. Kalau pemimpin-pemimpin senyum berarti situasinya baik,” ucapnya.***

Advertisement

 

 

 

 

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca