Connect with us

Politik

KIB Bakal Umumkan Capres di 2023, Jokowi Sudah Tahu

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Jokowi disebut-sebut tahu siapa capres KIB. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang merupakan gabungan Golkar, PPP dan PAN kemungkinan bakal mengumumkan siapa nama capres yang diusung, paling lambat tahun depan. Soal ini, Presiden Jokowi disebut-sebut sudah tahu siapa nama yang akan muncul.

Sejumlah partai sudah mengumumkan siapa nama yang bakal diusung capres di Pilpres 2024. Di antaranya Gerindra sudah pasti mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Kemudian NasDem meski masih mencari koalisi sudah mengumumkan nama Anies Baswedan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengetahui nama-nama yang dibahas KIB untuk diusung pada Pilpres 2024.

“Presiden sudah tahu. Tahu nama-namanya,” kata Airlangga kepada wartawan di The Brassey Club House Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Airlangga mengatakan, KIB berkonsultasi dengan Jokowi terkait nama-nama capres yang akan diusung. Namun, dia menyebutkan siapa nama-nama bakal capres KIB yang telah diketahui Jokowi.

Advertisement

“Kita pasti akan berkonsultasi dengan Pak Presiden,” ujar irlangga.

Airlangga menyatakan banyak hal yang harus dikomunikasikan dengan Jokowi. Airlangga menjamin langkah KIB selaras dengan pemerintahan Jokowi.

“Ini kan komunikasi politik bukan komunikasi yang biasa saja, banyak hal yang dikomunikasikan,” ujar Airlangga.

“Iya tentu selaras, sampai saat sekarang kan selaras,” tambahnya.

Sebelumnya, Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono berbicara terkait calon presiden yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada pilpres 2024 mendatang. Mardiono menyebut KIB akan mengumumkan calon presiden paling lambat awal tahun 2023.

Advertisement

“Saya pikir nggak kalau last minute ya, saya pikir nggak, pasti nggak, pasti mungkin ya gambaran saya mungkin tidak sampai, awal tahun mungkin kita sudah mengambil keputusan. Paling selambat-lambatnya awal tahun ya,” kata Mardiono usai menghadiri HUT ke-58 Golkar di Hall C, Kemayoran, Jakpus, Jumat (21/10/2022).

Mardiono menerangkan setiap partai memiliki mekanismenya masing-masing. Dia berharap calon presiden yang diusung baik dari PPP, PAN maupun Golkar, adalah nama yang sama.***

Lanjutkan Membaca