Connect with us

Politik

Gibran Bakal Gratiskan Angkot di Perkotaan

Avatar

Diterbitkan

pada

Gibran Rakabuming Raka, cawapres urutan no 2. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Masalah perkotaan manjadi sorotan dalam Debat Cawapres Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat malam (22/12/2023) kemarin.

Gibran Rakabuming Raka, cawapres no urut dua dalam kesempatan itu menyatakan selain terkait kepadatan penduduk dan hunian, masalah perkotaan lainnya adalah angkutan umum jalan.

Diketahui, tingginya jumlah penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan menjadi sorotan. Saat ini, sekitar 56% penduduk tinggal di perkotaan, sedangkan pada 2045 jumlahnya diprediksi menyentuh 70%.

“Kita harus bangun transportasi yang aman dan nyaman terutama bagi kalangan difabel, orang tua, dan anak-anak. Digitalisasi transportasi umum juga harus dikembangkan. Kita juga harus membuat angkutan umum gratis,” ujar Gibran menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, dikutip Investor.id pada Sabtu (23/12/2023).

Selain itu, Gibran juga menyoroti masalah kekumuhan di wilayah perkotaan yang harus segera diselesaikan. Hal ini bisa dilakukan seperti program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilakukan Kementerian PUPR, maupun melibatkan pemerintah daerah dan program corporate social responsibility (CSR).

Advertisement

“Kawasan kumuh harus kita selesaikan,” tegas Gibran.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengatakan agar penduduk tidak menumpuk, pembangunan perkotaan harus merata di berbagai tempat.

“Kami akan membangun minimal 40 kota baru selevel Jakarta dengan kemampuan menampung penduduk dengan sarana dan prasarana memadai serta menjaga lingkungan yang sehat. Kawasan perumahan tidak jauh dari pusat pekerjaan,” kata Muhaimin.

Sedangkan Mahfud MD, mempertanyakan soal pembiayaan 40 kota baru yang dilontarkan Muhaimin.

“Pembiayaannya bagaimana untuk 40 kota itu? Apakah dari APBN, APBD, atau perlukah dibuat lembaga khusus seperti ditanyakan panelis tadi. Hal ini perlu dijawab agar semuanya tidak spekulatif,” tutur Mahfud.

Advertisement

Perlu diketahui, terkait masalah perkotaan, Prabowo-Gibran memiliki visi-misi yang berjudul Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Keduanya akan menjamin akses air bersih, terutama bagi kelompok masyarakat miskin, baik di perkotaan maupun di perdesaan, pulau terluar, dan pulau terpencil.

Selain itu, pasangan Prabowo-Gibran akan meninjau kembali peraturan tentang zona hunian tempat tinggal perkotaan sehingga tercipta pembangunan yang berkeadilan.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement