Connect with us

Politik

Elektabilitas Prabowo Masih Tertinggi dari Capres Lainnya

Avatar

Diterbitkan

pada

Elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi di antara capres lainnya. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Hingga detik ini, Prabowo Subianto masih menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi dibanding capres lainnya.

Baru-baru ini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei tingkat elektabilitas sosok bacapres potensial yaitu, Prabowo Subianto mendapat elektabilitas tertinggi dengan 34,3% dibanding Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Survei digelar selama periode 30 Mei-12 Juni 2023. Metode survei menggunakan multistage random sampling yang melibatkan 1.200 responden.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei sebesar +/- 2,9%.

Dalam survei itu, responden diberikan pertanyaan: ‘Bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara 3 nama-nama berikut?’. Hasilnya, elektabilitas Prabowo unggul dalam simulasi 3 nama tertutup bersama Ganjar dan Anies tersebut.

Advertisement

Berikut ini hasil survei LSI Denny JA:
Prabowo Subianto 34,3%
Ganjar Pranowo 32,7%
Anies Baswedan 22,1%
TT/TJ 10,9%

“Delapan bulan jelang Pilpres 2024, Prabowo Subianto masih unggul atas Ganjar dan Anies. Elektabilitas Prabowo semakin menanjak sebesar 34,3%, sementara Ganjar turun naik di 32,7% dan Anies stagnan pada 22,1%,” papar peneliti LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas dalam paparannya, Senin (10/7/2023).

Hanggoro membeberkan, selama periode survei Januari, Mei, dan Juni, Prabowo Subianto mengalami kenaikan elektabilitas secara signifikan. Sementara itu, Ganjar Pranowo mengalai naik turun dan Anies stagnan.

“Secara tren yang diamati dari tiga survei (Januari, Mei, Juni) tahun 2023, Prabowo elektabilitasnya menanjak. Ganjar elektabilitasnya turun naik. Anies elektabilitasnya stagnan,” ujar dia.

Sementara itu, dalam survei LSI di bulan sebelumnya, yaitu pada Januari 2023, Prabowo memperoleh 25,4%, Ganjar 37,8% dan Anies 22,1%. Kemudian, hasil survei bulan Mei 2023, elektabilitas Prabowo sebesar 34,3%, Ganjar sebesar 32,7% dan Anies 22,1%.***

Advertisement

 

 

 

 

 

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement