Connect with us

Politik

Akan Temui Megawati, PBB Sodorkan Yusril Cawapres untuk Puan Maharani

Avatar

Diterbitkan

pada

Yusril Ihza Mahendra dicalonkan PBB untuk dampingi Puan Maharani di Pilpres 2024. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Dalam waktu dekat Partai Bulan Bintang (PBB) akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membahas koalisi menuju Pemilu 2024. Salah satunya membicarakan kemungkinan Yusril Ihza Mahendra sebagai cawapres untuk Puan Maharani.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Ferry Noor. Menurut dia, Yusril layak dan mumpuni dijadikan calon wakil presiden (cawapres).

“Komunikasi ini kita lakukan karena kita menyadari bahwa kami siap menyerahkan ketua umum sebagai cawapres dari PDIP,” kata Ferry seperti dikutip CNNIndonesia.com di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Ferry meyakini Yusril layak menjadi cawapres karena pengalaman dan kemampuannya. Apalagi Yusril telah mendapat dukungan dari Presiden Jokowi untuk maju di Pilpres 2024.

Dia mengaku tak mempermasalahkan siapa calon presiden yang akan diusung PDIP. Ferry berkata Yusril bisa diduetkan dengan kader-kader terbaik PDIP, seperti Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Advertisement

“Bisa saja Puan-Yusril atau bisa saja Ganjar-Yusril. Kalau PDIP kan tunggu instruksi Ibu (Mega). Kami siap saja. Berpasangan dengan Mas Ganjar oke, berpasangan dengan Mbak Puan oke,” ujarnya.

Ferry mengatakan PBB pun tak masalah bila Yusril tak dapat kursi cawapres sama sekali. Mereka tetap akan berkoalisi dengan PDIP karena merasa punya tujuan yang sama dalam bernegara.

Dia berkata pertemuan PDIP dengan PBB akan dilakukan pada Maret 2023. Namun, tanggal pasti masih menunggu keluangan waktu Mega.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengakui kedekatan partainya dengan PBB. Hasto menyebut kedua partai telah lama menjalin kerja sama.

Ia pun mengungkit Yusril Ihza Mahendra sendiri merupakan menteri saat Megawati menjabat sebagai presiden.

Advertisement

Meski demikian, Hasto mengingatkan bahwa kerja sama kedua partai ini belum sampai pembahasan soal Capres-Cawapres 2024.***

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement