Connect with us

Politik

Pilpres 2024: Prihatin Terhadap Kondisi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, 170 Purnawirawan TNI-Polri Dukung Anies

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo pada acara deklarasi dukungan Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri kepada Capres Anies Baswedan

Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo pada acara deklarasi dukungan Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri kepada Capres Anies Baswedan

FAKTUAL-INDONESIA: Dilandasi atas keprihatinan terhadap kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini yang belum mencerminkan keadaan seperti diharapkan, 170 purnawirawan perwira tinggi TNI-Polri yang tergabung dalam Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Untuk Perubahan (FP3) mendukung calon presiden (Capres) Anies Baswedan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Bertempat di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023), 170 purnawirawan perwira tinggi TNI-Polri FP3 itu mendeklarasikan dukungannya untuk Capres  dari Koalisi Perubahan Untuk Persatuan Anies Baswedan.

“Praktik hukum dan pengelolaan pemerintahan yang tidak berpihak pada rakyat dan merugikan negara, serta kekuatiran kuat terjadinya perpecahan serius antar anak bangsa,” kata Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo menjelaskan, dukungan ini dilandasi atas keprihatinan terhadap kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini yang belum mencerminkan keadaan seperti diharapkan.

FP3 berharap adanya pemerintahan baru dengan visi perubahan dapat menyatukan kembali anak bangsa, memperbaiki semua masalah yang rugikan negara dan mampu membawa Indonesia yang lebih baik dan sejahtera.

Dia mengajak semua elemen bangsa dan negara untuk bisa bersama menjaga keamanan dan kedamaian dalam kontestasi Pemilu 2024. Ia mengingatkan agar tidak ada kerusuhan dan perpecahan antar anak bangsa.

Advertisement

FP3 juga berharap semua elemen bangsa dapat bahu-membahu menjaga Pemilu 2024 yang jujur, adil, bebas, rahasia dan demokratis. Untuk itu, pemerintah dan penyelenggara pemilu berperan dalam mewujudkan dan menjaga rasa aman serta damai.

Di sisi lain, Ediwan berharap tiga partai dalam Koalisi Perubahan Untuk Persatuan yang terdiri atas Partai NasDem, Demokrat dan PKS dapat segera mengumumkan sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Anies Baswedan.

“FP3 berharap tiga partai yang tergabung dalam KPP bisa segera membentuk sekretariat bersama Anies Baswedan agar segera mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya,” jelas Ediwan.

Dalam acara tersebut, Ediwan didampingi oleh Laksamana Madya (Purn) Dedi Muhibah Pribadi yang pernah menjabat sebagai Dansesko TNI Angkatan Laut.

Kemudian, Mayor Jenderal (Purn) Hartomo yang pernah menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi yang pernah menjabat sebagai Basarnas dan Irjen Pol (Purn) Anas Yusuf yang pernah memegang jabatan Analis Kebijakan Utama Bidang STIK Lemdiklat Polri.

Advertisement

Adapun FP3 merupakan forum bersama Purnawirawan Perwira Tinggi TNI dan POLRI lintas angkatan (masa kelulusan) dan lintas matra (AD,AL AU, POLRI) dari pangkat bintang satu sampai bintang tiga.

“FP3 mengimbau dan mengingatkan kepada anggota TNI-Polri aktif, ASN serta pejabat negara dan pejabat pemerintahan untuk benar-benar bersikap netral dan menjadi contoh netralitasnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar dia.

Berikut isi deklarasi Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Untuk Perubahan:

  1. Tekad dan semangat kami untuk bersama-sama komponen bangsa lainnya mendukung dan menyukseskan terlaksananya pesta demokrasi Pemilu 2024 yang benar-benar aman, damai, demokratis, jujur dan adil.
  2. Tekad dan semangat kami untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai momentum perjuangan menuju perubahan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Perubahan Di Atas Segalanya

Koordinator Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI/Polri untuk Perubahan (FP3) Letnan Jenderal TNI Purn Ediwan Prabowo mengungkapkan, FP3 menilai perubahan ada di atas segalanya. Untuk itu, pihaknya mendukung agar visi perubahan yang digaungkan Anies Baswedan dapat memenangi kontestasi dalam Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, adil, dan sejahtera.

“Pak Anies merupakan ikon. Saya kira semua rakyat Indonesia khususnya yang menginginkan perubahan mencintai Pak Anies dan dukung untuk menjadi presiden pada tahun 2024,” ujar Ediwan dalam Konferensi Pers.

Advertisement

Di sisi lain, Ediwan menjelaskan bahwa sosok Anies memang tak memiliki keterkaitan langsung dengan TNI/Polri. Hal ini berbeda dengan dua bakal capres lainnya, seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Adapun Ganjar diketahui merupakan anak seorang polisi, sedangkan Prabowo Subianto adalah mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus.

Kendati demikian, menurut dia, itu tidak menghalangi niat para purnawirawan perwira tinggi TNI/Polri untuk mendukung Anies.

Ediwan menegaskan bahwa pihaknya bersama rakyat sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024.

Ditegaskan pula bahwa Anies juga tidak diragukan lagi secara kompetensi untuk pimpin Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera.

Advertisement

“Tidak usah panjang lebar menyampaikan ada 10.000, bahkan 100.000 alasan yang membuat beliau memang cocok, tepat untuk memimpin bangsa ini pada tahun 2024 ke atas sebagai presiden,” katanya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement