Connect with us

Politik

Pilpres 2024: Mantap, Ahmad Riza Patria Ajak Berkompetisi Secara Sehat Tanpa Menjelekan Kontestan Tertentu

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan sambutan dalam acara Syukuran Ulang Tahun Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Rosario de Marshal alias Hercules sekaligus Silaturahim Kader GRIB di kediaman Hercules, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Ist)

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan sambutan dalam acara Syukuran Ulang Tahun Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Rosario de Marshal alias Hercules sekaligus Silaturahim Kader GRIB di kediaman Hercules, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (Ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Mantap. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan imbauan dan ajakan yang menyejukkan menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden tahun 2024.

Bukan saja mengimbau berkompetisi secara baik, sehat, dan damai, Ahmad Riza Patria juga mengajak segenap elemen bangsa Indonesia untuk menyukseskan pelaksanaan Pilpres 2024 tanpa menjelekkan kontestan tertentu.

Riza Patria mengatakan, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto,  peserta Pilpres 2024  harus berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan ide dan gagasan sebagai calon pemimpin melalui program-program yang dapat membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju ke depannya.

“Ingat pesan Pak Prabowo, mari berkompetisi secara baik, sehat, damai, menyampaikan ide dan gagasan lewat program-program yang dapat membangun bangsa Indonesia ke depan,” kata Riza Patria, Sabtu (3/6/2023).

Hal itu disampaikan Riza saat memberikan sambutan dalam acara Syukuran Ulang Tahun Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Rosario de Marshal alias Hercules sekaligus Silaturahim Kader GRIB di kediaman Hercules, Jakarta.

Advertisement

“Mari kita sukseskan kontestasi Pemilu 2024, seperti yang sering disampaikan Bapak Prabowo, jangan menjelek-jelekkan (kontestan tertentu),” ujarnya.

Riza melanjutkan, seluruh masyarakat Indonesia sudah sepatutnya memberikan kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk mengikuti kontestasi politik dalam pesta demokrasi.

Untuk itu Riza mengingatkan kader GRIB Jaya untuk memeriahkan Pilpres 2024 dengan cara yang baik, sehat, damai, sebagaimana pesan dari Prabowo.

Harga Mati

Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Rosario de Marshal alias Hercules menyampaikan dukungan dari pihaknya untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi capres di Pilpres 2024 merupakan harga mati atau tidak bisa diganggu gugat.

Advertisement

“Kecuali beliau angkat bendera putih, mungkin GRIB bisa ambil tindakan ke mana. Namun saat ini, harga mati untuk (mendukung) beliau (Prabowo Subianto),” ujar Hercules kepada wartawan.

Berikutnya, saat disinggung mengenai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang didukung GRIB Jaya untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra itu di Pilpres 2024, Hercules mengatakan pihaknya menyerahkan hal tersebut kepada Partai Gerindra.

“Mau Abdul Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB) atau Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan), itu bagaimana komunikasi partai,” ucap Hercules.

Ia kembali menekankan siapa pun sosok yang ditunjuk oleh Partai Gerindra sebagai cawapres pendamping Ketua Dewan Pembina DPP GRIB Jaya itu, mereka akan tetap memberi dukungan.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Advertisement

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. ***

Lanjutkan Membaca