Connect with us

Politik

Pilpres 2024: Ada Kecurangan? Lapor Saja ke JagaPemilu.com, Platform Gerakan Masyarakat Sipil

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Sejumlah tokoh hadir pada peluncuran situs JagaPemilu.com di Jakarta, Jumat (4/1/2024), untuk mencegah potensi kecurangan dalam Pilpres dan Pileg tahun 2024

Sejumlah tokoh hadir pada peluncuran situs JagaPemilu.com di Jakarta, Jumat (4/1/2024), untuk mencegah potensi kecurangan dalam Pilpres dan Pileg tahun 2024

FAKTUAL-INDONESIA: Anda ingin mengawal proses demokrasi langsung umum bebas rahasia yang jujur, adil, dan transparan di tengah-tengah maraknya laporan kecurangan yang terstrukstur, sistismatis dan masif pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024?

Tidak perlu repot-repot lagi, Anda bisa untuk melaporkan segala bentuk dugaan kecurangan dan pelanggaran pada Pemilu 2024 ke situs JagaPemilu.com.

Situs itu merupakan platform dari gerakan masyarakat sipil yang menamakan diri Jaga Pemilu untuk mengawal pesta demokrasi Pemilu Presiden (Pilpres) dan anggota legislatig (Pileg) 2024.

Pada peluncuran JagaPemilu.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/1/2024), hadir  sejumlah tokoh seperti mantan Komisioner KPK Erry Riyana Hardjapamekas, mantan Wakil Koordinator BP ICW Luky Djani, Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia Prof. Dr Sulistyowati Irianto, Ahli Hukum Tata Negara Bivitri Susanti, Pendiri Gusdurian Alissa Wahid.

Hadir juga Sisiolog Fisip UI Meuthia Ganie, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio, mantan Ketua Bawaslu RI Abhan, mantan Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay, dan Pemerhati Pemilu Bersih Eddy Wijaya.

Advertisement

Gerakan masyarakat sipil Jaga Pemilu merilis situs JagaPemilu.com untuk mencegah potensi kecurangan sekaligus sebagai platform pelaporan bagi warga maupun relawan yang memantau jalannya pesta demokrasi.

Dalam pantuan media seperti laporan jawapos.com dan antaranews.com, hadirnya situs JagaPemilu.com dihadapkan dapat menjadi wadah untuk melaporkan segala bentuk dugaan kecurangan dan pelanggaran pada Pemilu 2024, serta turut membantu menghadirkan pemilu yang jujur dan berintegritas.

“Memahami peran penting masyarakat dalam menjaga integritas pemilu, maka situs JagaPemilu.com tampil sebagai sebuah platform pelaporan bagi relawan pemantau pemilu,” kata Pengagas JagaPemilu.com, Luky Djani dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Luky mengatakan, penyelenggaraan pemilu merupakan fondasi utama dalam sistem demokrasi di Indonesia karena suara setiap warga negara memiliki kekuatan yang sama untuk menentukan masa depan bangsa.

Oleh karenanya, Situs JagaPemilu.com tersebut hadir dengan melibatkan masyarakat sebagai pemilik suara secara langsung, sehingga potensi kecurangan dalam pemilu dapat dihindari dan integritas pemilu tetap terjaga.

Advertisement

“Mengapa situs JagaPemilu.com ini penting sebagai alat partisipasi warga untuk memantau pemilu? Karena menjadi wadah dalam melaporkan segala bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi selama pemilu. Masyarakat dapat secara cepat dan efektif memberikan informasi yang menjadi dasar bagi tindakan selanjutnya,” kata dia.

Sementara itu, Ahli Hukum Tata Negara dan pendiri Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Bivitri Susanti menyambut baik hadirnya laman JagaPemilu.com yang digagas gerakan warga sipil.

Menurutnya, situs tersebut bisa menjadi saluran untuk menyampaikan kegelisahan masyarakat saat melihat terjadinya kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Dengan bersama memantau jalannya pemilu, kita dapat memastikan bahwa setiap suara dihitung, setiap kecurangan diungkap, dan hasil pemilu benar-benar mencerminkan pilihan rakyat,” ujarnya.

Cara menggunakan laman JagaPemilu.com bagi relawan pemantau pemilu dapat dilakukan dengan mudah yakni mengakses situs https://jagapemilu.com, lalu pilih bergabung sebagai relawan untuk selanjutnya melengkapi isiannya.

Advertisement

Setelah berhasil diverifikasi, relawan yang telah terdaftar, baru bisa melaporkan segala bentuk pelanggaran selama masa kampanye baik dalam bentuk tulisan maupun visual.

Dalam laporannya, relawan juga dapat memotret formulir C-Hasil yaitu hasil penghitungan di TPS pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. ***

Lanjutkan Membaca