Home Olahraga Timnas Indonesia Takluk di Laga Uji Coba Lawan Afghanistan

Timnas Indonesia Takluk di Laga Uji Coba Lawan Afghanistan

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Timnas Indonesia tumbang di uji coba FIFA Matchday November 2021. Berhadapan dengan Timnas Afghanistan, Skuat Garuda tumbang dengan skor 1-0. Gol semata wayang di laga ini dicetak oleh Popalzay Omid di menit ke 83

Bermain di Gloria Stadium Turki, Timnas Afghanistan mencoba mengambil inisiatif serangan. Di awal laga, mereka mencoba menekan Timnas Indonesia.

Namun anak asuh Shin Tae-Yong itu perlahan mulai mengimbangi permainan Afghanistan. Di menit kedelapan, Timnas Indonesia nyaris membuka keunggulan di laga ini setelah Ricky Kambuaya melepaskan umpan pendek ke Witan Sulaeman yang tidak terkawal. Namun sayang tembakan Witan hanya melebar dari tiang gawang Afghanistan.

Setelah peluang itu, jual beli serangan antara kedua tim menjadi lebih intens. Afghanistan yang mendominasi penguasaan bola mencoba menekan, namun pertahanan Indonesia yang digalang Elkan Bagott tampil disiplin untu kmeredam serangan Afghanistan.

Di menit 23, Timnas Indonesia lagi-lagi mendapatkan sebuah peluang emas. Melakukan 1-2 dengan Witan, Dedik berhasil masuk ke kotak penalti namun sayang tembakannya masih menyamping dari gawang Ovays.

Di menit 30 Timnas Indonesia nyaris mendapatkan penalti setelah bek Afghanistan menjatuhkan Dedik di kotak penalti. Namun wasit memutuskan untuk tidak memberi hadiah penalti bagi Timnas Indonesia.

Jual beli serangan masih terus berlanjut, namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-0 tetap bertahan.

Di awal babak kedua, Timnas Indonesia mencoba mengambil inisiatif serangan. Dalam lima menit pertama, Timnas Indonesia menggempur pertahanan Afghanistan namun sayang tidak berbuah gol.

Di menit 60 ada insiden menimpa Elkan Bagott. Saat sang bek hendak menghalau bola, ia terkena kaki pemain Afghanistan. Ia sempat lanjut bermain.

Melihat timnya yang sulit menembus pertahanan Afghanistan, Shin Tae-Yong melakukan tiga pergantian pemain. Evan Dimas, Egy Maulana dan Dedik Setiawan ditarik dan digantikan Irfan Jaya, Kadek Agung, dan Ezra Walian.

Masuknya ketiga pemain ini membuat dinamikan permainan Indonesia menjadi lebih hidup. Skuat Garuda semakin percaya diri untuk masuk ke kotak penalti Afghanistan.

Skuat Garuda punya dua peluang bagus di pertengahan babak kedua. Yang pertama lahir dari tembakan keras Ricky Kambuaya dari luar kotak penalti, namun bola masih melambung di atas gawang. Sementara beberapa menit berselang Ezra Walian masuk ke sisi kanan kotak penalti Afghanistan lalu melepaskan tembakan yang kemudian dipatahkan oleh Ovays.

Petaka datang bagi Timnas Indonesia di menit 83. Berawal dari salah koordinasi antar bek Timnas Indonesia, Hadid Mustafa sukses yang mengirim umpan dari sisi kanan lalu disambar oleh Popalzay Omid. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Afghanistan.

Meski tertinggal skuat Garuda tidak menyerah. Mereka meningkatkan intensitas serangan mereka, di mana Ezra Walian nyaris mencetak gol namun sayang bola tembakannya berhasil dihalau oleh para bek Afghanistan.

Timnas Indonesia terus mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun skor 1-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.***