Home Olahraga Spanyol Harus Berterima Kasih Kepada Pablo Sarabia

Spanyol Harus Berterima Kasih Kepada Pablo Sarabia

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Spanyol wajib berterima kasih kepada Pablo Sarabia. Sebab gol semata wayang yang dicetak olehnya dari titik putih membuat La Furia Roja menang atas Yunani dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (12/11/2021).

10 menit awal pertandingan yang digelar di Athens Olympic Stadium tersebut berlangsung dengan tenang. Kedua tim saling berusaha membongkar pertahanan, tapi belum ada penetrasi ataupun peluang yang membahayakan gawang.

Ketenangan pecah pada menit ke-21. Yunani sukses mengoyak gawang Spanyol lewat tembakan sang penyerang, Giorgos Masouras. Sayang kedudukan tidak berubah karena wasit menganulir gol tersebut karena Masouras terjebak offside.

Penalti buat Spanyol! Pada menit ke-24, Inigo Martinez jatuh di kotak 16 Yunani setelah berduel dengan Dimitrios Giannoulis. Wasit tanpa segan menunjuk titik putih dan tidak mengubah keputusannya saat mendapatkan protes dari Yunani.

Pablo Sarabia yang ditunjuk sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan baik. Penyerang yang sedang dipinjamkan ke Sporting CP tersebut berhasil mencetak gol lewat tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Yunani. 1-0.

Pertandingan berlangsung semakin seru. Yunani berusaha mengejar ketertinggalan, sementara Spanyol kian bernafsu memperlebar jarak skor. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta sampai wasit mengakhir jalannya babak pertama.

Yunani memulai babak kedua dengan memasukkan dua penyerang, Christos Tzolis dan Anastasios Douvikas. Misi mereka terlihat dengan sangat jelas: mengejar ketertinggalan dari La Furia Roja.

Tzolis langsung menebar ancaman pada menit ke-54. Setelah memungut bola liar yang lepas dari Giannoulis, pemain berusia 19 tahun itu melakukan tusukan dan langsung melepaskan tembakan. Sayang bidikannya masih melebar dari gawang.

Spanyol mulai frustrasi. Pada menit ke-74, Rodri memutus aliran serangan Spanyol yang lambat dengan tembakan dari jarak yang cukup jauh. Namun sepakannya tidak mengarah tepat ke gawang Yunani.

Yunani hampir menyamakan kedudukan! Pada menit ke-79, Kostantinos Tsimikas mengeksekusi tendangan bebas dan mengarahkan bola ke kotak penalti. Georgios Tzavellas bisa menjangkau umpan dan membelokkan bola ke gawang Spanyol dengan sundulan. Lagi-lagi, meleset!

Beberapa upaya dilakukan untuk mengubah kedudukan di sisa-sisa menit pertandingan. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang. Spanyol keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0.***