Home Olahraga Rekap Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal Anjlok ke Peringkat 2 Klasemen

Rekap Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal Anjlok ke Peringkat 2 Klasemen

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Pekan ini, di tengah liburnya kompetisi domestik, kembali digelar Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di zona Eropa, sepanjang Minggu (14/11/21) malam hingga Senin (15/11/21) dini hari WIB digelar sejumlah pertandingan dari 4 grup berbeda.

Sejumlah tim raksasa Eropa turut berlaga, di antaranya Spanyol yang menjamu Swedia, Portugal yang ditantang Serbia, dan Jerman yang bertandang ke markas Armenia. Jerman sudah dipastikan lolos, sedangkan Spanyol dan Portugal masih berjuang merebut tiket lolos langsung ke Qatar.

Di Grup H yang menggelar matchday terakhir, momen dramatis terjadi di laga Kroasia vs Rusia, yang dimenangi tuan rumah 1-0 berkat gol bunuh diri Fedor Kudryashov.

Hasil ini membuat Kroasia naik ke puncak klasemen dan lolos langsung ke Qatar, sementara itu Rusia turun ke posisi 2 dan harus bersaing di babak playoff.

Sementara itu di Grup B, perebutan puncak klasemen dan tiket lolos langsung ke Qatar antara Spanyol vs Swedia akhirnya dimenangi tuan rumah 1-0. Alvaro Morata sang pemain pengganti jadi pahlawan kemenangan berkat golnya di menit ke-85.

Di Grup J, Jerman yang bertandang ke markas Armenia meraih kemenangan telak 4-1. Ilkay Gundogan mencetak brace, sedangkan 2 gol sisanya dibagi rata antara Kai Havertz dan Jonas Hoffman. Hasil ini tak mengubah keadaan bagi Jerman yang sudah lolos ke Qatar.

Sementara itu, Makedonia Utara kokoh di posisi kedua dan lolos ke playoff, usai mengalahkan Islandia dengan skor 3-1.

Berkebalikan dengan Spanyol dan Jerman, nasib buruk harus dialami Portugal di Grup A yang menjalani laga perebutan puncak klasemen dan tiket lolos langsung melawan Serbia.

Portugal unggul cepat di menit kedua lewat Renato Sanches di menit kedua. Meski demikian, Dusan Tadic menyamakan skor di menit ke-33.

Hasil imbang sejatinya sudah cukup untuk meloloskan Portugal. Namun, petaka menimpa Ronaldo dkk ketika Aleksandar Mitrovic membawa Serbia berbalik menang 2-1 lewat golnya di menit ke-90.

Hasil ini membuat Portugal gagal lolos langsung. Pasalnya, mereka tergusur ke posisi kedua oleh Serbia yang naik ke puncak dan merebut tiket tersebut. Portugal kini harus menjalani laga hidup mati di babak playoff demi bisa tampil di Qatar.

Grup A:
Luksemburg 0-3 Republik Irlandia
Portugal 1-2 Serbia

Grup B:
Yunani 1-1 Kosovo
Spanyol 1-0 Swedia

Grup J:
Armenia 1-4 Jerman
Liechtenstein 0-2 Rumania
Makedonia Utara 3-1 Islandia

Grup H:
Kroasia 1-0 Rusia
Malta 0-6 Slovakia