Home Olahraga Piala Dunia 2022, Berakhirnya Era Persaingan Messi dan Ronaldo

Piala Dunia 2022, Berakhirnya Era Persaingan Messi dan Ronaldo

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Piala Dunia 2022 mungkin menjadi Piala Dunia terakhir bagi dua megabintang sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi, mereka kini punya garis nasib yang berbeda.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah bersaing pada top level untuk waktu yang sangat lama. Kini, walau masih berada di level yang sama, Messi dan Ronaldo sudah berada di penghujung karier sepak bola mereka.

Messi berusia 34 tahun dan Ronaldo dua tahun lebih tua. Agak sulit untuk bisa membayangkan keduanya masih berlaga pada ajang Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Qatar mungkin menjadi panggung terakhir bagi mereka.

Messi Sudah Lolos

Lionel Messi baru saja membawa Timnas Argentina mengamankan tempat di Piala Dunia 2022. Argentina menjadi satu dari empat tim yang akan mewakili CONMEBOL di Qatar. Saat ini, Argentina lolos menemani Brasil.

Dua negara lain akan ditentukan pada empat laga tersisa pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Sementara, satu tim, yang berada di posisi ke-5 klasemen akhir, punya peluang lolos lewat jalur play-off.

Lionel Messi sangat dominan dalam perjalanan Argentina lolos ke Piala Dunia 2022. La Pulga hanya sekali tidak bermain pada babak kualifikasi dan mampu mencetak enam gol, paling banyak dibanding pemain Argentina lain.

Lionel Messi, jika tidak ada hal buruk yang terjadi padanya, diyakini akan memimpin Argentina bermain di Qatar. Mungkin, ini adalah Piala Dunia terakhir bagi La Pulga.

Beberapa hari sebelum Messi dan Timnas Argentina merayakan kelolosan ke Piala Dunia 2022, Portugal dirundung duka. Sebab, Portugal gagal lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia karena kalah dari Serbia.

Portugal kalah dengan skor 2-1 pada laga di Stadion da Luz, markas mereka sendiri. Ronaldo tidak mencetak gol pada duel ini. Ronaldo tertunduk dan menangisi kekalahan Portugal dari Serbia.

Kini, Portugal, bersama 11 negara lain, akan berebut tiga tiket ke Qatar lewat babak play-off. Portugal mungkin akan berjumpa beberapa lawan sulit seperti Italia, Polandia, Republik Ceko atau Austria pada babak play-off.

Akan sangat menyedihkan jika melihat Piala Dunia 2022 tanpa kehadiran Ronaldo. Sebab, Qatar bisa menjadi panggung besar terakhir bagi peraih lima gelar Ballon d’Or itu. Ronaldo kini sudah berusia 36 tahun.

Babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa diikuti 12 negara dan akan dibagi dalam tiga pot (A, B, dan C). Setiap pot dihuni empat tim dan akan bermain dengan sistem semifinal dan final.

Tim yang berstatus unggulan akan menjadi tuan rumah pada babak semifinal melawan tim non-unggulan. Sementara, tuan rumah pada laga final ditentukan lewat undian. Nantinya, pemenang laga final akan lolos ke Piala Dunia 2022.

Jadi, jika ingin lolos ke Qatar, Ronaldo harus membawa Portugal menang pada dua laga play-off dengan sistem satu leg.

Daftar 12 Tim Peserta Play-off

Tim unggulan

Portugal
Skotlandia
Italia
Rusia
Swedia
Wales

Tim non-unggulan

Polandia
Makedonia Utara
Turki
Ukraina
Austria
Republik Ceko
***