Home Olahraga Marc Marquez Kemungkinan Masih Belum Bisa Balapan di Valencia

Marc Marquez Kemungkinan Masih Belum Bisa Balapan di Valencia

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, belum berani mengira-ngira apakah sang pembalap, Marc Marquez, bisa kembali turun lintasan dalam MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada 12-14 November 2021. Pasalnya, saat ini Marquez masih menjalani masa pemulihan akibat gegar otak ringan.

Sang delapan kali juara dunia diketahui mengalami kecelakaan saat berlatih off-road di Spanyol pada Sabtu (31/10/2021) lalu. Ia pun mengalami pusing dan beristirahat di rumah selama beberapa hari. Namun, ia tak merasa membaik, hingga memutuskan menjalani pemeriksaan dengan dokter pada Selasa (2/11/2021).

Pada hari yang sama, Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan bahwa Marquez harus mengikuti saran dokter, yakni beristirahat lebih lama hingga harus absen dari MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 5-7 November 2021. Lewat MotoGP.com, Puig pun sedikit membeberkan kronologi insiden itu.

Puig menyatakan bahwa Marquez mengalami kecelakaan saat berlatih enduro di pegunungan Spanyol. Sayangnya, kepalanya terbentur. Menurut Puig, kecelakaan macam ini lumrah terjadi dalam kegiatan off-road. Namun, tentu pihaknya sangat menyayangkan Marquez harus mengalami gegar otak ringan

“Ini kecelakaan yang normal terjadi ketika Anda berlatih di pegunungan dengan motor enduro atau motocross. Ia jatuh dan mengalami gegar otak (ringan) di kepalanya, seperti yang kami jelaskan di rilis pers. Ia baik-baik saja, namun ia tak nyaman. Ia agak pusing dan kami memeriksakannya ke dokter,” ungkap Puig.

Cedera gegar otak belakangan ini memang jadi topik perdebatan yang panas di MotoGP. Tim dokter kejuaraan tak jarang mengizinkan rider yang gegar otak ringan untuk melanjutkan aksi di sisa pekan balap. Padahal, cedera ini dinilai berisiko karena berpotensi mengacaukan konsentrasi pembalap saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Atas alasan ini, Puig meyakini keputusan dokter untuk meminta Marquez istirahat di rumah dan absen dari Seri Algarve memang tepat. Soal partisipasi Marquez di Seri Valencia, Puig pun menyatakan bahwa pihaknya masih harus menanti tahap pemeriksaan medis selanjutnya pada Senin (8/11/2021).

“Memang sudah tepat bagi Marc untuk tak ikut balapan, karena kondisinya tak 100%. Jadi, kami akan menunggu Senin nanti, ia akan menjalani pemeriksaan medis lagi dengan dokter. Pada Senin atau Selasa, ia akan melakukan evaluasi lebih jauh, dan setelahnya kita lihat saja nanti,” ungkap Puig.

“Saya bukan dokter. Tapi jika dokter bilang ia bisa balapan di Valencia, dan ia merasa baikan, tentu ia akan balapan di sana. Namun, saat ini mustahil untuk mengira-ngira, karena kami belum tahu kondisinya,” pungkas eks pembalap GP500 yang juga mantan manajer pribadi Dani Pedrosa ini.***