Home Olahraga Liga Champions, AC Milan Masih Punya Harapan

Liga Champions, AC Milan Masih Punya Harapan

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Rangkaian matchday ke-5 fase grup Liga Champions digelar pada Kamis (25/11/2021) kemarin. Beberapa klub sukses meraih kemenangan dan memastikan diri melaju ke babak 16 besar.

Matchday ke-5 ini mempertemukan tim-tim yang berada dalam Grup A sampai D. Kemenangan terbesar didapatkan peserta Grup A, RB Leipzig, yang tanpa ampun membantai Club Brugge meski bertindak sebagai tim tamu dengan skor 5-0.

Ada juga pertandingan yang mempertemukan dua klub kaya raya, Manchester City dan PSG. Duel tersebut berjalan cukup sengit, di mana Manchester City melakukan comeback epik dan menang tipis 2-1, setelah sebelumnya sempat tertinggal.

Hasil tersebut memastikan Manchester City sebagai juara Grup A meski masih menyisakan satu pertandingan lagi. Namun PSG tak perlu berkecil hati, sebab mereka secara hitung-hitungan sudah dipastikan lolos sebagai runner-up grup.

Milan Masih Punya Harapan

Asa AC Milan untuk bertahan di Liga Champions tumbuh setelah berhasil mengalahkan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang mereka dicetak Junior Messias pada menit ke-87.

Kendati bertindak sebagai tim tamu, Rossoneri tampak lebih superior ketimbang Atletico Madrid. Mereka mencatatkan total 14 tembakan dengan penguasaan bola 58 persen, sementara tuan rumah cuma membuat enam tembakan dan 42 persen penguasaan bola.

Ini menunjukkan tekad kuat Milan untuk lolos ke 16 besar sekaligus meraih kemenangan perdananya. Kini mereka duduk di posisi ketiga dengan koleksi empat poin, selisih satu angka dari Porto yang ada di peringkat kedua dan baru saja dipaksa bertekuk lutut oleh Liverpool dengan skor 0-2. Hal ini membuat Milan masih punya harapan lolos.

Borussia Dortmund Tersingkir

Satu raksasa Eropa telah dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions musim ini. Dia adalah wakil dari Jerman, Borussia Dortmund, yang pada matchday ke-5 ini menelan kekalahan dari Sporting Lisbon dengan skor 1-3.

Hasil tersebut membuat Dortmund tertahan di peringkat ketiga Grup C dengan koleksi enam poin. Sporting sendiri menempati peringkat kedua dengan raihan sembilan angka. Dan secara hitung-hitungan, Die Borussen sejatinya bisa mengejar.

Sayangnya, mereka kalah agregat dari wakil Portugal tersebut. Sebab pada pertemuan pertama Dortmund cuma bisa menang 1-0 saja. Kabar baiknya, Dortmund dipastikan berpentas di Liga Europa mengingat Besiktas yang berada di peringkat keempat sudah tak bisa lagi mengejar mereka.

Satu hal yang menarik adalah Grup G belum menyumbang perwakilannya untuk tampil di babak 16 besar nanti. Lille, RB Salzburg, Sevilla dan Wolfsburg sama-sama memiliki kans lolos dan penentuannya baru akan terlihat di matchday ke-6.***