Home Olahraga Ini Tahapan Penonton WSBK di Sirkuit Mandalika

Ini Tahapan Penonton WSBK di Sirkuit Mandalika

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah menggelar rangkaian ajang World Superbike (WSBK) dan Asian Talent Cup (ATC) pada Jumat (19/11). Rangkaian tersebut masih tersisa dua hari lagi yakni pada Sabtu (20/11) dan Minggu (21/11).

Pada esok hari, pebalap akan melahap latihan bebas dan kualifikasi. Sementara, balapan akan digelar pada Minggu (21/11) mendatang.

Lalu, apa saja tahapan yang harus dilalui bila ingin menyaksikan dua ajang tersebut secara langsung?

Hal utama tentu membeli tiket yang tersedia di beberapa situs yang disediakan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Ingat, tak ada penjualan tiket di lokasi.

Di dekat sirkuit, hanya tersedia loket untuk menukar tiket. Jadi, tiket yang sudah dibeli online ditukarkan di area dekat sirkuit dengan gelang ber-barcode.

Nah, di penukaran tiket tersebut, penonton harus menyertakan hasil antigen 1×24 jam atau PCR 2×24 jam. Penonton juga harus mengakses aplikasi peduli lindungi sebagai syarat memasuki area sirkuit.

Penonton akan melewati terowongan di bawah sirkuit untuk menuju tribune penonton. Sebelum masuk ke tribune, pengecekan kembali dilakukan. Kali ini, gelang barcode yang diberikan sebelum masuk, di-scan oleh petugas. Terpantau, tak ada nomor pada kursi.

Tak hanya itu, terdapat sejumlah tata tertib yang harus ditaati oleh penonton, terutama dalam hal membawa barang masuk ke tribune. Sejumlah benda dilarang seperti benda berbahan kaca, makanan, minuman, dan laser.

Ajang WSBK yang digelar di Mandalika merupakan sesi terakhir di tahun ini. Tentu, sejarah akan tercipta mengingat Mandalika baru pertama kali menggelar event balap bertaraf internasional.***